KLAUSULA-KLAUSULA PADA PERJANJIAN BUILD OPERATE AND TRANSFER (BOT) PADA PEMBANGUNAN PROYEK INFRASTRUKTUR DI INDONESIA

Rahmi Jened, S.H. and Muhammad Zaidun (1998) KLAUSULA-KLAUSULA PADA PERJANJIAN BUILD OPERATE AND TRANSFER (BOT) PADA PEMBANGUNAN PROYEK INFRASTRUKTUR DI INDONESIA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-jenedrahmi-31527-2.ringk-n.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-jenedrahmi-31527-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan di Indonesia bedangsung sangat pesat berkat kerjasama pemerintah dan sektor swasta (baik domestik maupun asing). Peningkatan pembangunan prasarana dan sarana infrastruktur memerlukan biaya yang sangat besar dan merupakan kendala tersendiri bagi pemerintah. Guna menanggulangi kendala pem~iayaan diciptakan peIjanjian BOT di mana investor menanggung sepenuhnya pembiayaan pembangunan proyek namun pemilikan proyek sepenuhnya di ~angan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klausula-klausula yang terkandung dalam perjanjian BOT dan akibat hukum dari peneantuman klausula tersebut dalam perjanjian BOT. Penelitian ini bersifat normatif dan merupakan studi kepustakaan. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan dan format peIjanjian BOT sedangkan bahan hukum sekunder berupa bahan pustaka yang terkait dengan permasalahan yang dikaji. Seluruh bahan hukum diinventarisasikan, dikelompokkan (kategorisasi) kemudian dianalisis seeara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perjanjian BOT dilakukan dengan terlebih dahulu mendirikan perusahaan patungan atau (sekedar) membuat perjanjian kerjasama. Klausula yang terdapat dalam perjanjian BOT meliputi klausula yang berkaitan dengan : (a) hak dan kewajiban para pihak, (b) peng-operasian, (e) pembiayaan, (d) jaminan, (e) daya paksa (force majeuTl, (f) ingkar janji (wanprestaSl), (g) pemutusan perjanjian, (h) penye-lesaian sengketa, dan (i) pilihan hukum.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 343.07 Jen k
Uncontrolled Keywords: perjanjian BOT, infrastruktur, pembangunan
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB810-962.8 Obligations. Contracts and transactions
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Rahmi Jened, S.H.UNSPECIFIED
Muhammad ZaidunUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 30 Sep 2016 07:52
Last Modified: 30 Sep 2016 07:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43571
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item