PROSES SOSIALISASI DAN INTERAKSI SOSIAL YANG TERJADI DI SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN TERBENTUKNYA MODERNITAS SISWA

Tuti Budirahayu, Dra. and Sudarso, Drs and Sutinah, Dra., MS and Toetik Kusbardiati, Dra and Bagong Suyanto, Drs (2014) PROSES SOSIALISASI DAN INTERAKSI SOSIAL YANG TERJADI DI SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN TERBENTUKNYA MODERNITAS SISWA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-tutibudira-32031-3.ringka-.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Massiah pellelitian yang ditelusuri dalam penelitian Lni adalah : 1.Apakah proses sosialisasi dan interaksi sosial yang terjadi di sekolah telah mencermillkan internalisasi oi1ainilai modernitas kepada siswanya ? 2.Sejauh mana hubungan antera proses sosialisasi yang terjadi di sekolah dengan pembentukan nilai-nilai modernitas pada di,ri sis~a? Seeara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme proses sosialisasi dan interaksi sosial yang terjadi di sekolah, di mana proses tersebut seeara tecritis dianggap dapat merubah ~eril~ku siswa kc arah yang positif y3itu terbentuknya sikap modern terhadap diri siswa. Meialui pene1itian ini pula akan dilihat sejauh mana sekolah berfungsi tidak saja sebagai sarana pengajar tetapi juga sebagai agen pendidik siswa agar kelak mereka dapat mandiri a~ d~lam mssyarakat yang semakin kompleks mela1ui internalisasi 11i1ai-ni1ai modernitas ke da1am diri siswa. Lokasi pel1eIitian ini secara purposive ditetapkan di SHAN 2 Surabaya. Alasan memilih Seko1ah Mengah Atas sebagai por.u l aa ipene I I t dan karena didasarkan pertimbangan bahwa SMA adalah jalur pendidikan menengah terakhir setelah SMP, sehingga diharapkan siswa-siswanya paling tidak telah mengc11&1 dan mempunyai ni1ai-oilai modernitas di dalam dirinya. SMA Negeri 2 Surabaya yang dipilir. mewakili SMA-SMA yang ada di Surilbaya karena seka1ah tersebllt dianggap memiliki predikat f avor it di mas yarakat dan kualdt asnva d Langgap juga :;IJl~up baik. Jumlah sampel diambil sebanyak 20% dari jumlah papulasi si.swa yang sedang duduk di kalas 3, yakni sebanyak 80 orang. Penarikan aampe I dilakukan denaen systematic random sampling, Hetode pengumpulan data lIlenggunakan kuesianer berstruktur dan juga didukung dengan wawancara bebas t.ar-i menda Lan s e r t a obs e r vas L. Pene1itian in1 ber j en i e eJ~splallasi. maka teknik analisa data dilakukan melalui interpretasi kua1itatif dan kuantitatif, Untuk interpretasi kJ8ntitatif secara eksplisit digunakan test stattstik koefi. sien korelasi Rank Kendall. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menunjuk-karl bahwa proses 5051a11585i dan interaksi 50sia1 tak terstruktur cii sekolah (yang juga disebut dengan kurikulum tersembunyi) telah memunculkan nilai-nilai positif pade diri siswa dun proses tersebut mencerminkan terinternalisasikan~ flya Ililai--rlilai nlodernitas di dalam diri mereka. Selain itu, da1i tJBsil anal isis menunjukkan bahwa terdapat hubungan Yang signifiltari antara nilai-nilai positif yang didapat responden da~i pengalaman belajarnYB y~ng bukan berdasarkan kuriku1um formal di sekolah dengan tingkat modernitas mereka.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK2 370.19 Pro
Uncontrolled Keywords: SOSIOLOGI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Tuti Budirahayu, Dra.UNSPECIFIED
Sudarso, DrsUNSPECIFIED
Sutinah, Dra., MSUNSPECIFIED
Toetik Kusbardiati, DraUNSPECIFIED
Bagong Suyanto, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 23 Oct 2016 18:03
Last Modified: 23 Oct 2016 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item