pengembangan model pengajaran tata bahasa (grammar) bahasa inggris bagi siswa sekolah menengah umum

hariawan adji (1998) pengembangan model pengajaran tata bahasa (grammar) bahasa inggris bagi siswa sekolah menengah umum. Fakultas Ilmu Budaya, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendeka!an yang digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris berdasarka~ kurikulum 111 ad31ah pendekatan kebermaknaan (meallil1gfullles.sl, Delam pendeka!~n Inl, bah:1~~ o;lfun::1~; sebagal pengungkap makna melalui kosa kala (vocabulary) dan la!a bahasa (gramma;). Tala bahasa (grllmmaf) bukanlah fokus ulama namun sebagai pendukung lercapainya I,elrampikm berbahasa Inggris Tujuan pendekalan inl adalah lefCiplanya kemampuan berkomun~a,;i ,;iG> baik dalam bahasa Inggris secara lisan maupun terlulis, Pendekatan ini juga menekankan pen!ingnya pemahaman linlas budaya, pembelajar bahasa harus memahami budaya ma.),arakal pengguna bahasa Inggris lersebul (native s,oeak6lj, Dari pembahasan mengenai karaklerislik siswa Sekolah Menengah Umum alau sederajad, kurikulum Bahasa Inggris iahun 1994, hal-hal yang perlu diperhalikan daiam Denyusunan model pengajaran, kondisi ruang kelas. serta pendekatan-pendeKaian yang digunakan dalam pengajaran bahasa, kemudiandisu$un cuatu model pengajaran lala baha~a (gr8mmar) yang sesuai bagi SiSW8 Sekolah Menengah Umum slau sedereiad, Dengan memperhalikan hal-hal tersebul, maka dapal disimpulkan bahw!! model pengajaran t~ila bahasa (grammal) lersebut harus memiliki karaklerislill benkul inGulllil d,lIl bukannya dedulM; konseplual; pengulangan; berkailan dengan kehidupan; menarik; kombinasi verbal dan visual; berparlisipasi; lidak membuluhkan banyak gerak; memberrkllr rew8IJ; rnenyadarkan; nalural; bergradasi; praktis; dapal diaplikasikan (applicable); berkonlehs; humanist:k, komunikalif; dan kooperalif, Model pengaiaran yang dikembangkan lertebul membuluhkan berbagai jenis millell y~n9 akan bermanfasl bagi para siswa Sekolah Menengah Umum alau sederajad delam memar,ami pola-pola tala bahasa (grsmmelj bahasa Inggris, Pel1iapan maleri ini memang mernbullhl1811 waklu dan biaY8, namun apabila hasH yang dloapal bensr�benar memuaskan, para pengalar bahasa Inggris di lingkat Sekolah Menengah Umum aleu sederajad lidak akan keberalan unluk meluangkan waklunya unluk menyiapkan malen.maleri lersebul. Malen.maleri ymg dapil! digunakan adalah :g~mbar; ~,artu: papan bermllgnel elsu papan berflannel; lagu. chant, PUI:;I, male; dan bagan, Berdasorkan ha~il penelilian ini. maka saran-saran yang dapal diberikan p~da para pengajar bahasa lnggris di ilngkuflgan Sekolah Menengah Umum atau sederajad adalah para pengajar diharapkan : menerapkan dan mengembangkan lebih lanjul model pengaJaran tala bahas~ (grammel) yang telah dikembangkan delam penelilian ini;secara lerus menerU$ dan krealif menciplakan maer~maleri pengajaran lala bahasa (grammarj yang seeuai dengan model yang � lelah dikembangkan;melibalkan semua siswa deism setiap kegiatan. belaiar men9,118r: M1enggu1akan baha~a Inggris tebagai bahasa dalam kelas baik saal berkomunikasl dengan siswa maupun saa! menerangkan; dan membual suasana keles yang penuh kekeluargaan, berbagi mea. dan hangs!. Sedangkan saran yang dapal diberiken kepada para pimpinan Sekolah Meneng~lh LJ mum alau sederaiad adalatl: mengalokasikan dana unluk membualan maleri dan !e;d1in» ;,11 gunl pengajaran lala bahasa (grammarj bahasa Inggos dan mengusahakan unluk meflyed.r.ill1 salu ruang liang tldak slalis susunannya sehlngga dapa! digunakan apabiJa ada akllfib~ pengalaran yang membuluhkan tuang gerak (SPllctl) yang lapang.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK2 LP 415.071 Pen
Uncontrolled Keywords: language - education - english language - grammar
Subjects: P Language and Literature
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
hariawan adjiUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:45
Last Modified: 03 Dec 2019 08:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44489
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item