FUNGSI OBYEK WISATA “KAMPOENG DJAWI” BAGI MASYARAKAT LOKAL (Studi Deskriptif Tentang Fungsi Sosial Ekonomi Wisata Kampoeng Djawi Bagi Masyarakat Dusun Gondang Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang)

ZULFI FATIHATUS SAHLIYAH, 071211731070 (2016) FUNGSI OBYEK WISATA “KAMPOENG DJAWI” BAGI MASYARAKAT LOKAL (Studi Deskriptif Tentang Fungsi Sosial Ekonomi Wisata Kampoeng Djawi Bagi Masyarakat Dusun Gondang Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (806kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.70-16 Sah f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan perekonomian masyarakat maupun daerah. Keberadaan Kampoeng Djawi sebagai wisata rekreasi outbound yang berbasis pedesaan dan bernuansa alam, selain bertujuan untuk melestarikan arsitektur budaya Jawa khususnya Jawa Timur juga menjadi peluang pekerjaan bagi masyarakat lokal. Keberadaan Kampoeng Djawi memunculkan beberapa fungsi yang dirasakan oleh masyarakat lokal yaitu fungsi sosial dan fungsi ekonomi, sehingga dalam rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja fungsi sosial dan fungsi ekonomi bagi masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran masyarakat Dusun Gondang Desa Carangwulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang merasakan fungsi sosial dan ekonomi yang terdapat pada keberadaan wisata Kampoeng Djawi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, peneliti memperoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori fungsionalisme dari Branislaw Malinowski yaitu masyarakat lokal merasakan fungsi keberadaan Kampoeng Djawi yang memunculkan perubahan sosial dan ekonomi masyarakat. Hasil penelitian memperoleh temuan bahwa keberadaan Kampoeng Djawi memberikan fungsi sosial dan ekonomi bagi masyarakat lokal. Fungsi sosial adanya perubahan kondisi lingkungan, hidupnya kembali Karang Taruna, dan memberikan bantuan kepada masyarakat dan desa. Fungsi ekonomi meliputi adanya peluang pekerjaan, munculnya warung makan, kios, serta pedagang kelontong sehingga adanya perubahan taraf hidup masyarakat lokal lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.70/16 Sah f
Uncontrolled Keywords: Kampoeng Djawi, fungsi, masyarakat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ZULFI FATIHATUS SAHLIYAH, 071211731070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjio Santoso, Drs., M.SosioUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 14 Sep 2016 03:00
Last Modified: 19 Dec 2017 23:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45211
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item