OCTI WILUJENG, 071211131004 (2016) STUDI DESKRIPTIF TENTANG INOVASI ONLINE RESERVATION PADA PELAYANAN TIKET KERETA API. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FIS.AN.84-16 Wil s FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
FIS.AN.84-16 Wil s LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sejak tahun 2010, PT Kereta Api Indonesia telah menerapkan teknologi sebagai alat transaksi elektronik penjualan tiket kereta api yang disebut dengan online reservation. Online reservation sebagai bentuk wujud dari kesungguhan PT Kereta Api Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penerapan inovasi ini diharapkan mampu memberikan perubahan yang positif serta mengatasi permasalahan yang ada pada penjualan dan pembelian tiket kereta api. Karena, pelayanan penjualan tiket kereta api secara konvensional dianggap kurang efektif dan efisien karena memberikan kesempatan kepada calo untuk menjual tiket secara ilegal. Sedangkan, Stasiun Gubeng Surabaya merupakan stasiun yang memiliki volume kedatangan dan keberangkatan terbesar di kota Surabaya. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan inovasi pelayanan online reservation yang telah dimanfaatkan oleh para penumpang di Stasiun Gubeng Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori Inovasi, meliputi level inovasi, proses inovasi dan tipologi inovasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, untuk penentuan informan dilakukan dua teknik; purposive dan accidental. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumntasi secara mendalam. Proses penyajian data dilakukan dengan mengelompokan dan mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaiatan antara data tersebut. Kemudian validitas data diuji melalui triangulasi data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi online reservation merupakan inovasi yang diterapkan oleh PT KAI dalam rangka memberikan fasilitas kemudahan pada pembelian tiket kereta api. inovasi online reservation adalah termasuk dari inovasi Sustaining Innovation, inovasi radikal serta tipologi inovasi produk, inovasi proses, dan tipologi metode pelayanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS.AN.84/16 Wil s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | pelayanan publik, inovasi, online reservation | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601-5725 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2016 07:45 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2017 23:47 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45226 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |