AYUDHIRA WIRANTI, 111314153006 (2016) KONSELING KELOMPOK SOLUTION FOCUSED UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA ATLET DI SMAN 4 SURABAYA. Masters thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (714kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Tpsi.23-16 Wir k.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan self regulated learning antara kelompok siswa atlet yang memperoleh konseling kelompok solution focused dengan kelompok siswa atlet yang tidak menggunakan konseling kelompok solution focused di SMAN 4 Surabaya. Penelitian ini lebih difokuskan kepada siswa atlet karena siswa atlet harus dapat mempertahankan nilai-nilai pelajaran sekolahnya sekaligus menjaga performa olahraganya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental kuasi dengan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa atlet kelas X dan XI di SMAN 4 Surabaya. Alat pengumpul data adalah skala Self Regulatory Strategies Scale (SRSS) untuk siswa atlet. Validitas skala ini adalah validitas isi dengan reliabilitas 0,804. Data dianalisa dengan menggunakan independent samples test. Hasil analisa data terhadap skor subjek diperoleh nilai t 5,037 dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan self regulated learning antara kelompok siswa atlet yang memperoleh konseling kelompok solution focused dengan kelompok siswa atlet yang tidak memperoleh konseling kelompok solution focused di SMAN 4 Surabaya. Dari perbedaan mean disebutkan bahwa kelompok yang memperoleh konseling kelompok lebih tinggi daripada kelompok yang tidak memperoleh konseling kelompok.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Tpsi.23/16 Wir k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | siswa atlet, self regulated learning, konseling kelompok, solution focused | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological Tests and Testing L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 04 Oct 2016 05:56 | ||||||
Last Modified: | 04 Oct 2016 05:56 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45279 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |