ANALISIS KEANEKARAGAMAN DAN PENGELOMPOKAN VARIETAS PISANG (Musa paradisiaca L.) BERDASARKAN METODE FENETIK

RR. JUANITA AYU SONIA, 081211433024 (2016) ANALISIS KEANEKARAGAMAN DAN PENGELOMPOKAN VARIETAS PISANG (Musa paradisiaca L.) BERDASARKAN METODE FENETIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPB. 26-16 Son a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keanekaragaman morfologi dari varietas pisang (Musa paradisiaca L.), pengelompokkan antar varietas pada pisang melalui pendekatan morfologi, dan karakter morfologi yang dapat mempengaruhi pengelompokan pada varietas pisang. Lokasi pengambilan sampel terletak di Agrowisata Bhakti Alam, Pasuruan, Jawa Timur dan kebun pisang di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Bagian tanaman yang diteliti berjumlah 64 karakter fenotip terdiri dari perawakan, batang semu, daun, bunga, dan buah. Penelitian ini bersifat observasional, yang selanjutnya di analisis secara deskriptif dan dengan metode fenetik. Berdasarkan analisis deskripsi, diperoleh keanekaragaman karakter morfologi antar varietas pisang antara lain : Sobo Awu, Kayu, Rojo Molo, Hijau dan outgroup Berlin. Berdasarkan analisis data dengan metode fenetik menggunakan program komputer SPSS dihasilkan dendrogram yang menunjukkan kelompok utama yaitu kelompok A dan kelompok B dengan nilai similaritas 0,088. Kelompok A beranggotakan varietas Berlin. Kelompok B beranggotakan kelompok C dan kelompok D dengan nilai similaritas 0,134. Kelompok C beranggotakan varietas Hijau, sedangkan kelompok D beranggotakan kelompok E dan kelompok F dengan nilai similaritas 0,420. Kelompok F beranggotakan pisang varietas Sobo Awu, sedangkan kelompok E beranggotakan pisang varietas Kayu dan Rojo Molo dengan nilai similaritas 0,497. Berdasarkan hasil PCA (Principal Component Analysis), karakter yang berpengaruh besar dalam pengelompokan varietas pisang antara lain habitus, tinggi tanaman, bentuk batang, warna batang semu, tiggi batang semu, lingkar batang semu, tipe pertumbuhan daun, warna permukaan atas daun, warna permukaan bawah daun, tebal daun, lebar daun, panjang pelepah daun, warna tepi tangkai daun, tipe bentuk pangkal tangkai daun, panjang tangkai daun, bentuk jantung, bentuk pangkal braktea, warna braktea bagian luar, lebar helai braktea, posisi rakis, bentuk buah muda, bentuk buah matang, panjang buah, penampang melintang buah matang, warna kulit buah muda, warna kulit buah matang, tebal kulit buah, warna daging buah matang, jumlah buah satu sisir, jumlah sisir dalam satu tandan, dan penampang melintang buah muda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 26-16 Son a
Uncontrolled Keywords: Dendrogram, morfologi, Musa paradisiaca L., Principal Component Analysis, Statistical Product and Service Solutions.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB1-1110 Plant culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
RR. JUANITA AYU SONIA, 081211433024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr. , M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorJunairiah, Dr. , S.Si., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Oct 2016 10:19
Last Modified: 29 Mar 2018 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45353
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item