EVALUASI HASIL AUDIT MUTU INTERNAL BERDASARKAN ISO 9001:2000 ATAS FUNGSI PEMASARAN HASIL INDUSTRI PADA PERUM PERHUTANI UNIT III

AFRA NURINA AMARILLA, 04051 0227 (2010) EVALUASI HASIL AUDIT MUTU INTERNAL BERDASARKAN ISO 9001:2000 ATAS FUNGSI PEMASARAN HASIL INDUSTRI PADA PERUM PERHUTANI UNIT III. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-amarillaaf-14868-a.1881-k.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4548.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasaran merupakan faktor yang penting dalam perusahaan, karena tanpa pemasaran perusahaan tidak akan dapat memasarkan dan menjual produknya. Oleh karena itu, pemasaran dalam perusahaan harus dikelola dengan baik agar perusahaan dapat menghadapi tantangan dalam persaingan bisnis. Kegiatan pemasaran adalah kegiatan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, sebab tujuan akhir dari konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (Total Customer Statisfaction). Pemasaran yang baik harus mempunyai sistem manajemen mutu yang baik pula, untuk mengawasi dan meningkatkan kinerja dari sistem manajemen mutu tersebut dilakukan audit mutu internal. Audit mutu menurut merupakan suatu pengujian yang sistematis dan independen untuk menentukan apakah aktivitas mutu dan hasil yang berhubungan dengan mutu memenuhi aturan yang telah direncanakan dan apakah aturan tersebut telah diterapkan secara efektif (Tunggal, 2000:92). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas hasil audit mutu internal sebagai alat bantu manajemen dalam menilai tingkat kinerja fungsi pemasaran hasil industri pada Perum Perhutani Unit III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian adalah Perum Perhutani Unit III, dengan obyek penelitian audit mutu internal fungsi pemasaran hasil industri. Pembahasan subyek dan obyek penelitian yaitu efektivitas hasil audit mutu internal berdasarkan kriteria ISO 9001:2000 pada fungsi pemasaran hasil industri Perum Perhutani Unit III. Dalam ISO 9001:2000 audit internal lebih berfokus pada sistem manajemen mutu. Indikator penilaian setiap kriteria sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 menggunakan tingkat kematangan kinerja (maturity level). Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, documenter, dan penelusuran data online. Data yang akan digunakan adalah data tahun 2008 dengan pendukung data tahun 2007 dan 2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil audit mutu internal atas fungsi pemasaran hasil industri Perum Perhutani Unit III rata-rata berada pada maturity level 2.83. Meskipun masih terdapat sedikit ketidaksesuaian dan masih minimnya bukti dokumentasi pada beberapa kriteria, serta belum ditindaklanjutinya permintaan tindakan koreksi, tetapi sebagian besar data mengenai perencanaan dan pelaksanaan kriteria efektivitas hasil audit mutu internal telah didokumentasikan dengan baik dan telah diimplementasikan di seluruh bagian organisasi sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil audit mutu internal berdasarkan ISO 9001:2000 pada Perum Perhutani Unit III berada pada maturity level ke-3, yaitu stable formal system approach.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.188 10 Ama e
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT AUDIT ; MARKETING
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences > GE300-350 Environmental management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
T Technology > T Technology (General) > T55.4-60.8 Industrial engineering. Management engineering
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
AFRA NURINA AMARILLA, 04051 0227UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Ningsih, SE, M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 18 Feb 2011 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 16:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4548
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item