PENGEMBANGAN INSTRUMEN DOKUMENTASI KEPERAWATAN BERBASIS STANDARDIZED NURSING LANGUAGE (NANDA-I, NOC, NIC) PENELITIAN ACTION RESEARCH DI RUANG TERATAI RS AMELIA PARE KEDIRI

DIANA RACHMANIA, 131414153029 (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN DOKUMENTASI KEPERAWATAN BERBASIS STANDARDIZED NURSING LANGUAGE (NANDA-I, NOC, NIC) PENELITIAN ACTION RESEARCH DI RUANG TERATAI RS AMELIA PARE KEDIRI. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
270. TKP.13-16 Rac p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dokumentasi keperawatan yang sesuai standar bahasa keperawatan masih merupakan masalah di dalam profesi perawat. Supaya bisa menghasilkan dokumentasi keperawatan yang baik, perlu didukung dengan adanya instrumen dokumentasi yang baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun pengembangan instrumen dokumentasi keperawatan berbasis Standardized Nursing Language (NANDA-I, NOC, NIC). Desain penelitian ini adalah action research dilaksanakan dalam 2 tahap. Populasi tahap 1 adalah 16 partisipan dan 9 responden. Populasi tahap 2 adalah 13 partisipan dan 8 responden. Partisipan dan sampel dipilih dengan purposive sampling. Tahap 1, jumlah partisipan sebanyak 15 dan sampel 7. Tahap 2, partisipan sebanyak 13 dan sampel 8. Analisa data menggunakan analisis deskriptif, analisis statistik product moment pearson correlation untuk uji validitas dan cronbach alpha untuk uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen dokumentasi keperawatan di Ruang Teratai RS Amelia cukup sesuai standar, pengembangan instrumen dokumentasi keperawatan yang disusun melalui kegiatan FGD dinyatakan valid dan reliabel dengan rata-rata r hitung instrumen keseluruhan > r tabel (0,754), hasil pelatihan pengisian instrumen dokumentasi keperawatan membuat sebagian besar perawat (87,5%) memiliki kemampuan baik dan instrumen tersebut dinyatakan baik oleh seluruh perawat (100%). Pengembangan instrumen dokumentasi keperawatan berbasis Standardized Nursing Language (NANDA-I, NOC, NIC) berupa pengkajian dengan pendekatan Review of System, diagnosis keperawatan sesuai NANDA-I, intervensi dengan label outcome sesuai NOC dan NIC, implementasi mengacu pada rencana NIC, evaluasi berupa SOAP dimana Obyektif mengacu pada outcome NOC. Rekomendasi bagi pihak RS Amelia adalah selalu rutin dalam mengevaluasi instrumen dokumentasi keperawatan sesuai standar dan mengembangkannya sesuai kebijakan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.13/16 Rac p
Uncontrolled Keywords: Dokumentasi Keperawatan, Standarized Nursing Language
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
DIANA RACHMANIA, 131414153029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, Prof. Dr., M Nurs (Hons)UNSPECIFIED
Thesis advisorEsti Yunitasari, Dr., S.Kp.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 Nov 2016 00:20
Last Modified: 20 Jun 2017 19:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45508
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item