PENGALAMAN ISTRI DALAM PEMENUHAN SEKSUALITAS SUAMI DENGAN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS

SITI MUNIROH, 131414153022 (2016) PENGALAMAN ISTRI DALAM PEMENUHAN SEKSUALITAS SUAMI DENGAN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.20-16 Mun p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gagal Ginjal Kronik adalah penyakit dimana ginjal mengalami kerusakan yang progresif dan irreversible. Salah satu terapi pengganti ginjal adalah hemodialisis. Permasalahan akibat penyakit gagal ginjal kronik dengan hemodialisis diantaranya masalah seksualitas. Masalah seksualitas belum mendapatkan perhatian dari pemberi pelayanan kesehatan dan klien atau pasangan hemodialisis jarang melaporkan masalah seksualitas kepada petugas kesehatan. Perlu digali bagaimanakah pengalaman istri dalam pemenuhan seksualitas suami dengan gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe penelitian studi kasus instrumental. Partisipan berjumlah 5 orang yang memenuhi kriteria penelitian. Instrumen penelitian berupa panduan wawancara terstruktur. Peneliti juga menggunakan metode observasi dengan cara melakukan pencatatan. Hasil penelitian ini mengidentifikasi tujuh tema. Pengetahuan istri tentang seksualitas, pengetahuan istri tentang perubahan akibat penyakit gagal ginjal kronik, respon terhadap penampilan, perasaan dan gejolak emosional yang dirasakan, upaya yang dilakukan untuk memenuhi seksualitas, pola aktifitas seksual, dukungan dan harapan untuk klien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Pelayanan keperawatan di unit hemodialisis selayaknya memasukkan aspek seksualitas didalam instrumen pengkajian klien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Instrumen tersebut sebagai sarana menggali informasi terkait seksualitas yang dialami klien dan pasangannya. Melakukan sosialisasi bagi tenaga kesehatan tentang teknik pengkajian seksualitas serta penyuluhan yang tidak hanya terbatas pada aspek aktifitas hubungan seksual saja tetapi harus mencakup keseluruhan kebutuhan seksualitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.20/16 Mun p
Uncontrolled Keywords: pengalaman istri, seksualitas, gagal ginjal kronis, hemodialisis
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life
R Medicine > RC Internal medicine > RC870-923 Diseases of the genitourinary system. Urology
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
SITI MUNIROH, 131414153022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoni Haryanto, Dr., S.Kp.,M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorIka Yuni Widyawati, S.Kep.,Ns.,M.Kep.,Ns.,Sp.Kep.MBUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 06 Nov 2016 16:16
Last Modified: 06 Nov 2016 16:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45515
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item