MEMBACA FILM INDONESIA BERTEMA RELIGI (Studi Film Discourse Interpretation Tentang Identitas Keislaman dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa dan Haji Backpacker)

INTAN FITRANISA, 071414853026 (2016) MEMBACA FILM INDONESIA BERTEMA RELIGI (Studi Film Discourse Interpretation Tentang Identitas Keislaman dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa dan Haji Backpacker). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSK.26-16 Fit m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang diskursus identitas keislaman dalam film Indonesia bertema religi pada konteks global kontemporer. Gelombang islamisasi yang mencolok dan mewarnai dekade pertama Indonesia sesudah Orde Baru mendorong kepopuleran film – film Indonesia bertema religi, khususnya yang berkonteks global. Berangkat dari fenomena tersebut, muncul asumsi adanya diskursus alternatif yang berusaha ditawarkan oleh film – film Indonesia bertema religi mengenai identitas keislaman pada konteks global. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode film discourse interpretation yang melibatkan aspek struktur bahasa film dalam mengungkap makna latent sebuah teks film. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan analisis yang komprehensif tentang diskursus identitas keislaman pada konteks global kontemporer. Dari hasil pembacaan terhadap film 99 Cahaya di Langit Eropa dan Haji Backpacker menunjukkan adanya perbedaan formasi diskursif tentang identitas keislaman yang ditawarkan kedua film tersebut. Hal ini disebabkan film 99 Cahaya di Langit Eropa dan Haji Backpacker mengambil locus yang berbeda dalam merepresentasikan identitas keislaman pada konteks global. Film 99 Cahaya di Langit Eropa yang mengambil locus Islam di Barat menunjukkan Muslim diasporik yang mengalami keterbatasan dalam mengekspresikan identitas keislamannya karena menjadi bagian dari kelompok minoritas di Eropa. Sementara film Haji Backpacker yang mengambil locus Islam di Timur memperlihatkan tokoh Muslim yang mencari identitas keislaman dengan mengadopsi budaya backpacker dari Barat. Budaya backpacker yang awalnya digunakan sebagai medium resistensi terhadap ajaran agama, justru menjadi jalan bagi tokoh Muslim dalam film ini untuk menemukan kembali identitas keislamannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.26/16 Fit m
Uncontrolled Keywords: Film religi, Film discourse interpretation, Identitas keislaman, Global kontemporer
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL624-627 Religious Life
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
INTAN FITRANISA, 071414853026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Prof., Dra, M. Comm, Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 14 Nov 2016 18:19
Last Modified: 14 Nov 2016 18:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45699
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item