ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM RUJUKAN RAWAT JALAN TINGKAT PERTAMA PADA PASIEN BPJS KESEHATAN (Studi pada Puskesmas Kota Kediri)

LELY NUR HIDAYAH, 101211131039 (2016) ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM RUJUKAN RAWAT JALAN TINGKAT PERTAMA PADA PASIEN BPJS KESEHATAN (Studi pada Puskesmas Kota Kediri). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 244-16 Hid a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada era JKN, Puskesmas sebagai gatekeeper berperan sebagai pemberi pelayanan kesehatan dasar yang bersifat non spesialistik sesuai dengan standar kompetensi dokter. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan sistem rujukan pada pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kota Kediri dengan rancangan cross sectional melalui pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner serta data sekunder. Pemilihan sampel Puskesmas dilakukan dengan purposive sampling. Pengambilan data pada 44 pasien rujukan juga dilakukan dengan purposive sampling yaitu pasien rujukan spesialistik dan pasien rujukan non spesialistik. Variabel penelitian antara lain tenaga kesehatan, tingkat pengetahuan dokter dan dokter gigi tentang sistem rujukan, karakteristik pasien, tingkat pengetahuan pasien tentang sistem rujukan, persepsi pasien terhadap proses pelayanan Puskesmas, alasan rujukan pasien, dan rumah sakit tujuan rujukan. Semua Puskesmas memiliki tenaga kesehatan sesuai standar dan tingkat pengetahuan dokter dan dokter gigi baik. Tingkat pengetahuan pasien baik. Mayoritas rujukan karena pasien pernah masuk rumah sakit dan harus kontrol secara rutin, diagnosa rujukan non spesialistik terbanyak yaitu essential hypertension, yang menurut sebagian besar pasien adalah sakit diabetes dan sebagian besar dirujuk ke RSUD Gambiran. Saran untuk Puskesmas, dinas kesehatan, dan BPJS ialah agar memberikan pelatihan berkala kepada tenaga kesehatan, dan meningkatkan koordinasi satu sama lain. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah agar melakukan penelitian kualitatif dengan metode FGD (Focus Group Discussion) kepada para stakeholder terkait permasalahan-permasalahan dalam sistem rujukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 244-16 Hid a
Uncontrolled Keywords: sistem rujukan, rujukan non spesialistik, rujukan spesialistik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
LELY NUR HIDAYAH, 101211131039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 14 Nov 2016 19:18
Last Modified: 27 Mar 2018 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45704
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item