KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK BPS KABUPATEN MAMUJU PADA PELANGGAN

M S Alim Sudiasto, 071414853044 (2016) KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK BPS KABUPATEN MAMUJU PADA PELANGGAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TSK.30-16 Sud k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan pelanggan terhadap aspek komunikasi dalam pelayanan publik BPS Kabupaten Mamuju. Pelayanan publik dalam penelitian ini adalah pelayanan data yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mamuju. Penelitian dilatarbelakangi oleh dimulainya proses tranformasi pelayanan yang sebelumnya hanya sebagai perpustakaan berubah menjadi sebuah Pelayanan Statistik Terpadu (PST). Serta adanya penelitian dari Wahana Data Utama yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan masih lemah terutama berkaitan dengan kualitas SDM dan kemudahan berkomunikasi dengan BPS. Perubahan menjadi PST berdasarkan Perka BPS no 21 tahun 2011 yang merupakan unit layanan dan promosi statistik serta perpustakaan dan dokumentasi statistik. PST menjadi ruang konsultasi statistik yang dilakukan melalui seorang petugas. Pelanggan yang menjadi objek penelitian adalah pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju yang telah mendapatkan pelayanan statistik di BPS Kabupaten Mamuju. Tujuan penelitian ini adalah tanggapan dari pelanggan tentang aspek komunikasi yang dilakukan melalui pelayanan baik menggunakan media tatap muka, telepon maupun melalui email. Aspek komunikasi yang dilakukan di pelayanan statistik menggunakan media tatap muka menggunakan indikator communicator performance image, multiple image dan institution image. Sedangkan pada media telepon dan email menggunakan indikator communicator performance image. Temuan dalam penelitian ini adalah adanya tanggapan yang baik dari pelanggan pegawai Pemerintah Kabupaten Mamuju baik terhadap pelayanan statistik yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Mamuju melalui media tatap muka, telepon dan email. Serta adanya pola komunikasi yang terjadi antar media pelayanan yang digunakan oleh pelanggan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.30/16 Sud k
Uncontrolled Keywords: Tanggapan, komunikasi pelayanan publik, pelayanan statistik, BPS
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
M S Alim Sudiasto, 071414853044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustain Mashud, Prof. Dr., Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorDjoko W. Tjahjo, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 14 Nov 2016 19:07
Last Modified: 12 Dec 2017 20:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45705
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item