RECEPTION ANALYSIS PENONTON TELEVISI TERHADAP PERAN DAN FIGUR SUAMI DALAM TAYANGAN SINETRON INDONESIA

Riasita Biantiara Lestari, 071414853027 (2016) RECEPTION ANALYSIS PENONTON TELEVISI TERHADAP PERAN DAN FIGUR SUAMI DALAM TAYANGAN SINETRON INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TSK.35-16 Les r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Televisi khususnya sinetron, kerap merepresentasikan identitas dan peran gender, termasuk hubungan suami-istri. Istri mewakili wanita digambarkan subordinatif di bawah suami yang mewakili pria, sosok emosional, wilayah domestik, dan mengerjakan tugas normatif. Sebaliknya suami digambarkan rasional, area publik, pencari nafkah, dan pengambil keputusan. Kemampuan konstruktivistik tersebut membuat apa yang ditayangkan televisi dianggap sebagai realitas wajar. Peran gender dan jenis kelamin adalah dua hal berbeda, namun cenderung disamaratakan. Di sisi lain, muncul beberapa tayangan sinetron televisi di Indonesia yang merepresentasikan kebalikannya, yaitu “Preman Pensiun” dan “Tetangga Masa Gitu?” Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerimaan penonton yang berbeda latar belakang dalam memaknai peran serta figur suami sebagai kepala keluarga dalam sinetron televisi di Indonesia menggunakan metode reception analysis melalui Focus Group Discussion dan depth interview. Pada “Preman Pensiun”, agama sebagai pedoman, kedekatan representasi peran suami dengan kenyataan, dan kesesuaian representasi peran suami dengan kriteria ideal masing-masing, menjadi unsur-unsur yang dipahami. Berbeda dengan “Tetangga Masa Gitu?”, agama sebagai pedoman, kedekatan representasi peran suami dengan kenyataan, stereotype peran gender di masyarakat, serta kesesuaian representasi peran suami dengan kriteria ideal masing-masing, dipahami dan dimaknai penonton. Masing-masing partisipan merefleksikan representasi peran suami dengan kehidupan dan identitas pribadinya, baru memaknai apakah berlawanan sehingga menolak atau setuju namun menegosiasikannya dengan makna alternatif. Secara garis besar penonton mempertimbangkan stereotipe peran gender dan agama dalam menilai suami ideal yang meliputi sosok pemimpin bertanggung jawab secara materil non materil, mampu menjadi panutan, berwibawa, dan berpenghasilan halal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.35/16 Les r
Uncontrolled Keywords: sinetron, televisi, peran suami, reception analysis, penonton aktif
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Riasita Biantiara Lestari, 071414853027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Prof., Dra., M.Comm., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorDede Oetomo, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 14 Nov 2016 19:59
Last Modified: 12 Dec 2017 20:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45715
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item