Wahyu Rakhmawiyati, 119410043
(1999)
PERBEDMN PENYESUAIAN DlRI ANAK DITINJAU DARI TINGKAT KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
W8byu Rskbmswiyati ( 119410043). Perbedesn Penyesusisn Dili Ansk Difinjeu dan' Tlngkat Krestivltas dan Konsep Dlrf. Skrfpsl. Surabays : Fskuffss Psikologi Universitss Airfanggs Surabays, 1999.
Persalngan global membutuhkan manusia-manusla yang berkualitas • manusie-manusia yang dapal sUNNe dan mempunyai daya salng IInggl. KrealMlas • konsep dlri dan penyesuaian dlri merupakan faklor yang pelfu mendapaf perhalian serius guna mempersiapkan anak dalam memasuki fshap perkembangan selanjutnya selta persiapan menghadapi era globalisasl .
Penelitian Inl bertipe CE/US8/ compsrative tese8rob, populasi penelitian adalah anak usia 10-111ahun , sl,wa kelas V Sekolah Oasar Hang Tuah 10 Juanda Sidoaljo inl dilakukan pada anak usia sekolah dengan menggunakan Illlhnik pengambilan sampel simple random sampling , dimana alai ukur yang digunakan unfuk pengambilan dala adalah kuisioner kreafiwas , konsep diri dan penyesuaian dlri yang dikenakan uji vaHdilas dan reliabilHas Hoyt. Tingkat krealMtas dan konsep diri merupakan variabel bebas dan penyesuaian diri dilempalkan sebagai variabel terika!.
Hasll pengisian ketiga kuisioner kemudian dikenakan uji kesahlhan butlr dan uji keandalan butlr . Dari uji kesahihan butir didapalkan 28 butir sahih untuk kuisloner krealMtas, 61 butlr sahih unfuk konsep diri dan 41 butlr sahlh unluk penyesuelan diri, sedangkan untuk uji keandalan didapalkan untuk kuisloner krealMtas rtI = 0.746, kuisioner konsep dlri rtI =0.872, dan kuisioner penyesualan diri rtI =0.874 , hal Ini beralti keflga kUisloner lersebut andal. Langkah selanjutnya adalah dilakukan uji Anava Jenjang 2-Jalur Speannan-Hadi, dlmana untuk perbedaan penyesuaian diri ditinjeu dari lingkai kreatMlas dan konsep diri pada anak didapal nilai p sebesar 0.000, perbedaan penyesuaian diri ditinjau dari krealMtas linggi dan krealMtas rendah pada anak didapatkan hasil nllai p sebesar 0.000 , sedangkan perbedaan penyesuaian din ditinjau dari konsep din posilif dan konsep diri negalif pada anak mendapalkan nllal p sebesar 0.000 yang apanbila ketiga nllai p tersebut dikonsultasikan dengan Kaidah Uji Hlpotesis PenelHian ( KUHP ) tennasuk dalam kalegori p<0.01yang berarti sangat signifikan. Dari hasl! analisis dala dapat disimpulkan bahwa terdapal perbedaan penyesuaian din antars lingkai krealMlas dan konsep din dan lerdapai perbedaan penyesuaian diri antara anak yang memiliki kreaiMtas linggi dan kreaiivitas rendah , begilu pula dengan konsep diri • dimana ada perbedaan penyesuaian diri antara anak yang mempunyai konsep diJi positif dengan anak yang mempunyai konsep din negalif.
Actions (login required)
|
View Item |