PENGARUH PEMBERIAN INFUSUM DAUN PENAWAR JAMBE (Cyeas revoluta TUNB) TERHADAP PERUBAHAN HISTAPOLOGI HATI MENCIT SEBAGAI TERAPI PROLIFERASI JARINGAN YANG TERKENA KANKER

DIYAH ENI ENDAYATI, 069412068 (2000) PENGARUH PEMBERIAN INFUSUM DAUN PENAWAR JAMBE (Cyeas revoluta TUNB) TERHADAP PERUBAHAN HISTAPOLOGI HATI MENCIT SEBAGAI TERAPI PROLIFERASI JARINGAN YANG TERKENA KANKER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 32-01 END P.pdf

Download (583kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak ncgatip pemberian daun penawar jambe pada terapi proliferasi jaringan yang terkena kanker. Dua puluh empat ekor meneit berumur 6 minggu dengan berat badan rata-rata 21 gram, dibagi seeara aeak menjadi empat kelompok. Masing-masing keJompok terdiri atas enam ekor. Tahap pertama induksi seeara subkutan pacta daerah interskapular menggunakan 0,1 ml larutan benzo (a) pyrena 0,3% dalam olium olivarum (b/v), diharapkan meneit menderita kanker: Selanjutnya tahap terapi, pemberian infusum daun penawar jambe (Cycas revo/uta Tunb). Masing-masing terdiri atas, perlakuan kontrol (k) 0%, perlakuan 11 konsentrasi 50% (pI), perlakuan III konsentrasi 75 % (p2), perlakuan IV konsentrasi 100% (p3). Terapi dilakukan dengan pemberian infusum 1 ml per oral dengan interval 2 hari sebanyak 10 kali per ekor pada pI, p2 dan p3. Raneangan penelitian yang dipakai adalah Raneangan Acak Lengkap (RAL) dcngan empat perlakuan dan enam ulangan, hasilnya dianalisa dengan menggunakan Uji Kruskal Wallis dan dilanjutkan dengan uji pasangan berganda. Hasil penelitian terlihat adanya hambatan pertumbuhan pada jaringan yang terkena kanker. Pengobatan seeara per oral memberikan pengaruh pada organ hati yaitu congesti vena dan dcgenerasi melemak. Cycasin sebagai salah satu bahan yang terkandung dalam daun penawar jambe diduga memegang peranan penting pada perubahan-perubahan yang terjadi pada organ hati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
DIYAH ENI ENDAYATI, 069412068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Suprihati, MS,DrhUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 15 Nov 2016 21:33
Last Modified: 11 Dec 2017 23:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45761
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item