PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN ABC (ACTIVITY BASED COSTINC) SYSTEM PADA PERUSAHAAN INDUSTRI ALAT-ALAT SEPEDA "SAE'" PONOROGO

WAHYUDI ARMANTO, 049520577 E (2001) PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN ABC (ACTIVITY BASED COSTINC) SYSTEM PADA PERUSAHAAN INDUSTRI ALAT-ALAT SEPEDA "SAE'" PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 09-02 ARM P.pdf

Download (340kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkemhangan suatu perusahaan sci ring dcngan kemajuan tcknologi dalam hldang Iransportasl. manufaktur dan sislem informasi tdah mcngubah alau mcpcngaruhi komposisl hlaya produksi. Disamping makin banyaknya perusahaan yang mclakllkan dm:rsilikasl produk. Kondisi inilah yang mcnycbabkan perusahaan mengalaml kC~llhlan dl dalam pembebanan biaya overhead kc m3!>ingmaslng pmduk dcngan mcnggunakan cara konvcnsional. Pada akhirnya muncul suatu siSlcm haru yang mampu mengurangi kekurangan alau kdcmahan dan slstcm akunlansl bla\a komcnsionai. Sistem baru ini dikenal dcngan nama ABC System (Actl\lty Ba~ed Cosllng Systcm). Dimana sistem ini mampu menycdiakan mlormast stralegis yang rclcvan untuk kcperluan penilaian profitabilitas produk jangka pan.lang dan produk lini scrta mcndorong manajcr untuk sclalu mcnge\aluasl arus pckcr.1aan di dalam aktivitas organisasl. Dari gambaran permasalahan dlalas mcndorong penulis unuk mcngctahui "Bagaimana pcnentuan harga pokok produk hcrdasarkan konvcnsional cost system jtka dibandingkan dengan pencntuan harga pokok produk berdasarkan ABC System?". ()I dalmn penultsan skripsi ini. jenis peneiitian yang penulis gunakan adalah mctudc penclitmn dcskriptif. Adapun pendckatan pcnulisan yang penulis gunakan yaltu pendckatan studi kasus dcngan variabcl-variahcl yang digunakan dalam penehllan 101 adalah; 1. Biaya overhead pabrik. 2. Cost Pool. 3, Cost Dmcr. 4 Aktl\ lIas. dan 5. Pool Rate (Tarif Kelompok). Adapun analisa yang penults gunakan untuk menganalisa data adalah analisa non-statistk dcngan tehnik kuantitatif yang bcrwuJud angka-angka, hasil perhitungan atau pengukuran Mengenai langkah-Iangkah dalam analisa kuantitatif meliputi dua cara., yaitu: 1 Dengan mcnggunakl.ln proscdur dua tahap. 2. Perbandingan pcrhitungan harga pokok produk menurut sistcm akuntansi biaya tradisional (konvensional) dcngan , harga pokok produk mcnurut activity based cost system. Ilasli analisa mcmhcrikan kesimpulan bahwa pcnclusumn biaya overhead pabnk dcngan mcnggunakan slstcm akuntansi biaya konvcnsional (sistcm yang ditcrapkan dalam perusahaan Industri alat-alat Sepeda "SAE" Ponorob'O) menghasilkan perhllungan harga pokok produk yang h:rdistorsi. Ilal 1m dlkarcnakan dalam perhitungan pembcbanan biayanya. perusahaan ham'a mc:nggunakan satu enst driver. yaitu Jam m~'Sin, Sehingga hasll pcrhitungan bia;a overhead pahflkn~a U!1luk produk kerangka scpeda gunung dan kerangka scpeda Jengky tcrJadl "undcrcostcd dan pada yang scbcnamya dlkonsumsi, Dan schaliknya tcrJadl "u\crcostcd" untuk produk sepeda anak-anak, lIasil ini akan (ampak Jclas apahrla klla mcnggunakan sistcm biaya yang bcrdasarkan aktivilas (acti\ ity based coSI S\Slcm)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.09-02 Arm-p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: Unit Cost; Costing System; ABC System
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
WAHYUDI ARMANTO, 049520577 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Nov 2016 18:18
Last Modified: 05 Dec 2017 22:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45857
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item