Dominasi Perhutani Dalam Pengelolaan Hutan(Relasi Kuasa Antara Perhutani Dan Masyarakat Desa Sekitar Hutan Di RPH Gunung Tukul)

Deddy Eko Fitriawan, 071014007 (2016) Dominasi Perhutani Dalam Pengelolaan Hutan(Relasi Kuasa Antara Perhutani Dan Masyarakat Desa Sekitar Hutan Di RPH Gunung Tukul). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (866kB) | Preview
[img] Text (full text)
Dominasi Perhutani Dalam Pengelolaan Hutan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hutan merupakan salah satu kekayaan alam yang besar, menjadi tumpuan masyarakat di sekitarnya, namun negara melalui Perhutani mengelola hutan untuk pendapatan negara. Perbedaan kepentingan ini menjadikan masyarakat dan Perhutani selalu memiliki relasi konfliktual antara keduanya, dan Perhutani berupaya mendominasi kekayaan hutan tersebut. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui bagaimana upaya strategi penaklukan tubuh masyarakat sebagai upaya dominasi atas pengelolaan hutan. Penelitian ini menggunakan paradigma intepretatif dengan metode yang bersifat kualitatif. Teori yang digunakan adalah Teori Relasi Kekuasaan Michael Foucault. Jumlah informan yang digunakan sejumlah 6 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah Penundukan tubuh masyarakat dilakukan dengan cara; 1. Penyebaran alat kebenaran melalui distribusi pengetahuan, 2. Penaklukan tubuh melalui berbagai wacana “rayuan”, 3. Penaklukan tubuh melalui intensivitas kontrol. Sedangkan respon yang diterima oleh masyarakat adalah masyarakat menerima kebijakan yang ada karena perekonomian masyarakat meningkat. Namun perlawanan, berupa tindakan illegal loging dan lain-lain tetap selalu ada sebagai bentuk afirmasi kekuasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 86/16 Fit d
Uncontrolled Keywords: masyarakat desa sekitar hutan, relasi kekuasaan, dominasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM706 Social structure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Deddy Eko Fitriawan, 071014007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMUSTAIN MUSTAHID, PROF.,DR.,M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2016 21:12
Last Modified: 16 Nov 2016 21:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45934
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item