IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL MANAJEMEN MUTU (BOMM) (Suatu Studi Dakriptif tentang Implementasi Program Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM) di SMU Negeri 6 Surabaya dan SMU Negeri 19 5urabaya)

IGNATIA KRISTIKANTI TRl PALUPI, 079916123 (2004) IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL MANAJEMEN MUTU (BOMM) (Suatu Studi Dakriptif tentang Implementasi Program Bantuan Operasional Manajemen Mutu (BOMM) di SMU Negeri 6 Surabaya dan SMU Negeri 19 5urabaya). Skripsi thesis, universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
AN 09-05 Pal i.pdf

Download (585kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Otonomi pendidikan telah dilalcsanakan di negara kita telah menimbulkan suatu pendekatan baru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan atau yang dikenal dengan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Hal tersebut telah mendorong Direktorat Pendidikan Menengah Umum Departemen Pendidikan Nasional untuk mengalokasikan sejumlah anggaran untuk mendukung upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan, seperti diadakannya program peningkatan mutu dan relevansi pendidikan menengah umum, yang diarahkan untuk meningkatkan mutu keluaran SMU, yang salah satunya diberikan dalam bentuk bantuan operasional majemen mutu (BOMM). Sebagai salah satu program pendidikan yang tergolong baru, program BOMM sangat menarik untuk diteliti mengingat selama ini program yang djjalankan selama ini banyak berupa program yang bersifat sentra/istik tanpa memberikan kesempatan kepada sekolah, sebagai salah satu institusi pelalcsana pendidikan, untuk menjalankan kegiatan sekolahnya dengan mandiri, yang kegiatankegiatannya telah disesuaikan dengan kondisi riil sekolah. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana implementasi program bantuan operasional manajemen mutu (BOMM) khususnya di Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pene/itian kua/itatif dengan tipe pene/itian deskriptif, dimana penelitian dimalcsudkan untuk memberikan gambaran mengenai fenomena sosial tertentu secara cermat dan terperinci sehingga dapat diperoleh suatu pemahaman yang lebih jelas mengenai fenomena tersebut. Adapun lokasi penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah di SMU Negeri 6 Surabaya dan SMU Negeri 19 Surabaya. Teknik pengarnbilan sampel pada penelitian ini adalah teknik pengambilan sampe/ purposif, dimana data yang diperoleh berasal dari orang-orang yang ahli dan terkait dengan permasalahan penelitian. Agar suatu hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan baik secara praktis maupun ilmiah, maka diperlukan teknik pemerilcsaan keabsahan data-dalam penelitian ini temik yang digunakan adalah teknik triangu/asi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa implementasi program BOMM -yang mengambillokasi penelitian di SMU Negeri 6 Surabaya dan SMU Negeri 19 Surabaya-telah be~alan dengan baik. Akan tetapi tidak jarang juga ditemui kendala-kendala yang bersifat teknis seperti kurangnya komunikasi serta keterbatasan aparat pelalcsana dalam menjalankan kegiatan program BOMM. Dengan digunakannya kajian ilmu Administrasi Negara sebagai dasar analisis hasil dari penelitian ini, maka penulis berharap agar hasil penelitian dapat digunakan untuk memperkaya kajian ilmu Administrasi Negara, khususnya kajian ilmu Studi Implementasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis An 09-05 Pal i
Uncontrolled Keywords: Federal Aid to Education
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2337.2-2340.8 Student financial aid
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
IGNATIA KRISTIKANTI TRl PALUPI, 079916123UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDGitadi Tegas Supramudya, Drs. , M.SIUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 16 Nov 2016 21:40
Last Modified: 03 Dec 2017 23:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45943
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item