RICHARD OENTORO, 049620988E
(2000)
PENERAPAN DSS DI PT. SI UNTUK MENDUKUNG
PENETAPAN HARGA JUAL DAN BIAYA PROMOSI.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Konsep Decision Support System (DSS) te1ah dikenal pada tahun 1970 dan perkembangannya dilanjutkan pada tahun 1980. Namun konsep ini belum banyak dikenal dan dimanfaatkan dalam organisasi bisnis di Indonesia.
DSS merupakan sistem pendukung bagi manajemen untuk membuat keputusan dengan menggunakan teknologi komputer. DSS bekerja pada area masalah semi terstruktur yang bertujuan mengurangi tingkat ketidakpastian sehingga memungkinkan manajemen membuat keputusan dengan lebih baik.
Skripsi ini mengulas pengertian konsep DSS, komponen yang diperlukan pada aplikasi DSS, dan manfaat yang dapat diperoleh melalui penerapan DSS. Kesulitan untuk menetapkan target penjualan dan harga jual serta penganggaran biaya promosi yang dihadapi PT. SI sebagai perusahaan dagang, merupakan permasalahan yang diangkat dan akan diselesaikan menggunakan model maternatika DSS. Model maternatika yang dibuat adalah model matematika DSS sederhana yang dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan pemahaman akan konsep DSS.
Penjelasan mengenai manfaat dan kelebihan konsep DSS bagi manajemen dilakukan dengan menggambarkan proses pengambilan keputusan secara konvensional yang lazim digunakan PT.SI dan proses pengambilan keputusan menggunakan konsep DSS dengan melakukan prediksi dan analisa What-!f (mempertimbangkan faktor harga jual dan biaya advertising atau promosi).
Actions (login required)
|
View Item |