PERLAWANAN PESANTREN “GLOBAL TARBIYYATUL ARIFIN” TERHADAP GLOBALISASI BUDAYA

DION MAULANA PRASETYA, 071424553004 (2016) PERLAWANAN PESANTREN “GLOBAL TARBIYYATUL ARIFIN” TERHADAP GLOBALISASI BUDAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
THI.07-16 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai perlawanan Pesantren Global yang berada di Kabupaten Malang terhadap globalisasi budaya dalam bentuk non-materialnya, yakni dominasi diskursus Barat. Dengan menggunakan pendekatan Poskolonial, penelitian ini menemukan bahwa perlawanan Pesantren Global dilakukan dengan cara melakukan “pembacaan ulang” mengenai globalisasi serta secara simultan “menulis ulang” mengenai narasi “Diri” yang ditulis dari sudut pandang “Diri” sebagai subyek. “Pembacaan ulang” dilakukan dengan menelurkan gagasan “post-hegemony” sebagai upaya pembongkaran dominasi diskursus Barat atas diskursus non-Barat yang selama ini dianggap taken for granted. Di saat yang bersamaan, Pesantren Global juga melakukan upaya “penulisan ulang” dengan mengadopsi metode al-tarbiyah wa al-ta’lim sebagai bentuk perlawanan terhadap sistem pendidikan modern yang sekuler-materialistik ala Barat. Selain itu, perlawanan juga diwujudkan dengan cara melestarikan tradisi-tradisi kebudayaan lokal, sebagai kritik terhadap nilai-nilai materialisme dan sekulerisme Barat. Penelitian ini mengisi celah akademik studi perlawanan yang selama ini didominasi oleh studi perlawanan “besar” yang melibatkan gerakan massa dan kekerasan. Lebih jauh, penelitian ini juga melengkapi kajian mengenai respons pesantren terhadap globalisasi, yang selama ini kerap menempatkan pesantren sebagai obyek, bukannya subyek.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI.07/16 Pra p
Uncontrolled Keywords: Pesantren Global, wacana-tanding, Poskolonial
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5587-6009 International security. Disarmament. Global survival
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
DION MAULANA PRASETYA, 071424553004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBaiq L. S. W. Wardhani, Dra., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 17 Nov 2016 18:19
Last Modified: 17 Nov 2016 18:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item