ANALISIS KESESUAIAN LINGKUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN POLYCHAETA DI AREAL PERTAMBAKAN DESA TAJUNG WIDORO KABUPATEN GRESIK

Ainur Rofiq, 089611534 (2001) ANALISIS KESESUAIAN LINGKUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN POLYCHAETA DI AREAL PERTAMBAKAN DESA TAJUNG WIDORO KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk MPB 02-01 rof a.pdf

Download (664kB) | Preview
Official URL: http://repository.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang analisis kesesuaian lingkungan terhadap pertumbuhan Polychaeta di areal pertambakan telah dilakukan di desa Tajung Widoro kabupaten Gresik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan tambak yang sesuai bagi pertumbuhan Polychaeta. Polychaeta diambil dengan pengeruk Ekman dari lima petak tambak tradisional yang belum terisi udang. Setiap petak tambak diwakili oleh tiga titik sampling yaitu dua titik pada bagian tepi dan satu titik di bagian tengah. Lumpur yang mengandung Polychaeta disaring dengan ayakan benthos dengan pori-pori berdiameter 1 mm. Polychaeta yang didapat kemudian diidentifikasi jenis dan kclimpahanya. Parameter lingkungan pada setiap titik sampling yang diamati meliputi DO, pH, salinitas, fraksi tanah, kadar organik total tanah, unsur hara makro (N,P,K) dan jenis-jenis serta komposisi penyusun klekap. Polychaeta yang dikun1pulkan berjumlah 1484 individu, yang terdiri dari dua jenis yaitu /)endronereis arhor(f'ora dan Nereis .\p .. Kelimpahan jenis pad a masing-masing petak tambak berbeda-beda. Dendronereis arhorifi>ra ditemukan lebih dominan pada petak tambak II, IV dan V, sedang jenis Nereis sp. ditemukan lebih dominan pada petak tambak l dan III. Pada petak tambak yang ditemukan kelimpahan Polychaeta tinggi cendenmg diikuti oleh nilai kelimpahan klekap yang rendah, sedang pada petak tambak yang kelimpahan Polychaetanya rendah cenderung diikuti oleh kelimpahan klekap yang tinggi. Parameter lingkungan yang berpengaruh terhadap kelimpahan Polychaeta adalah DO, salnitas air dan fraksi tanah. Di simpulkan bahwa kondisi lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan Polychaeta di areal pertambakan desa Tajung Widoro Kabupatcn Gresik adalah DO dengan nilai 3,6 mg/I - 9,0 mg/I, salinitas air dengan nilai 2,0%. - 3,0%, fraksi liat dan debu dengan nilai 97,72% - .99,89% dan fraksi pasir dengan ililai 0, 11 % - 2,28%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk MPB 02-01 Rof a FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: : Polychaeta, petak larn bak, kclimpahan, parameter lingkungan.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD878-894 Special types of environment. Including soil pollution, air pollution, noise pollution
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Ainur Rofiq, 089611534UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Affandi, Drs. , M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorBambang Irawan, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 17 Nov 2016 23:08
Last Modified: 21 Jun 2017 16:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46158
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item