UJI BAKTERIOLOGI (Escherichia coli) SUSU SEBELUM DAN SESUDAH PASTEURISASI PADA BEBERAPA PETERNAKAN SAPI PERAH DISURABAYA

ETTY SETIOWATI, 089711630 (2002) UJI BAKTERIOLOGI (Escherichia coli) SUSU SEBELUM DAN SESUDAH PASTEURISASI PADA BEBERAPA PETERNAKAN SAPI PERAH DISURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPB 07-02 SET U.pdf

Download (333kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang uji bakteriologi (Escherichia coli) susu sebelum dan sesudah pasteurisasi pada beberapa peternakan sapi perah di Surabaya bert~juan untuk meneetahui apakah ada perbedaan kualitas susu sebelum dan sesudah pasteurisas; ditinjau dari jumlah angka kuman (TPC). MPN coliform dan ada tidaknv:l F coli Penelitian ini diiakukan di laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi FMIPA Unair Surabaya dengan menggunakan sampe! susu scbeJum dan scsudah P3..<;tcuri"asi dan 3 peternakan sapi perah vaitu peternakan '-Mumi" Kaliwaron, FKH dan Mojo. Digunakan metode TPC dengan seri pengenceran untuk mengetahui iumJah angka kmnan. Sedam!kan untuk melihat ada tidaknva E coli menggunakan metodc MPN colifonn dengan menumbuhkannya pada media EMB agar. D<lta dienalisis secara deskriotif. Hasil van2 diperoleh menunjukkan bahwa susu sebelum pasteurisasi mengandung jumlah bakteri npC) dan MPN colitorm lebih banyak dibanding susu sesudah pastcurisasi pada ketij..,l'3 petemakan tersebut. Jumlah bak"teri susu sc~ar sehelum pasteurisasi rada peternakan KaJiwaron 510500 CFU, FKH 600800 CFU dan Moio 103100 CFU. Sedangkan jumlah bak1:eri pada susu segar sesudah pasteurisasi pada peternakan Kaliw<lron 25190 CFU, FKH 26990 CFU dan Mojo 31910 CFU. Kualitas susu sebelum dan sesudah pasteurisasi masih berada dalam batas-batas yang disyaratkan oleh pemerintah dan menurut USPHS termasuk derajat susu B. sehimHza susu sesudah oasteurisasi lavak dikonsumsi oleh masvarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKC 07-02 Set u fulltext tidak ada
Uncontrolled Keywords: Susu, Pasteurisasi, TPC (Total Plate Count), MPN (Most Probable Number) coliform, E. coli
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
ETTY SETIOWATI, 089711630UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTini Sartiningsih S, Dr. Ir. ., DEAUNSPECIFIED
Thesis advisorA. SoeparmoUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 20 Nov 2016 18:31
Last Modified: 12 Jun 2017 20:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46278
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item