DAMPAK PENCEMARAN UDARA PABRIK SEMEN GRESIK DI KABUPATEN TUBAN TERHADAP JUMIAH ERITROSIT, PCV (PACKED CELL VOLUME) DAN KADAR HEMOGLOBIN PADA KAMBING

NURUL NUBUWATI, 069612268 (2001) DAMPAK PENCEMARAN UDARA PABRIK SEMEN GRESIK DI KABUPATEN TUBAN TERHADAP JUMIAH ERITROSIT, PCV (PACKED CELL VOLUME) DAN KADAR HEMOGLOBIN PADA KAMBING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 46-03 MUB D.pdf

Download (237kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pencemaran udara Pabrik Semen Gresik di Kabupaten Tuban terhadap jumlah eritrosit, PCV (Packed Cell Volume) dan kadar hemoglobin serta pengaruh jarak antara keberadaan kambing dengan sumber pencemaran terhadap hasil pemeriksaan darah tersebut. Perlakuan berupa perbedaan jarak yang semakin jauh dari pabrik semen. Sampel yang ctigunakan adalah darah kambing betina berumur minimal satu tahun sebanyak 31 ekor jenis Kacang dan 3 ekor Peranakan Ettawa (PE). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) empat perlakuan dengan ulangan tidak sama. PO, PI, P2 dan P3 masing-masing adalah zona IV, III, II dan 1. Zona I terletak di sekitar pabrik semen. Zona II Iebih jauh daripada 1. Zona III lebih jauh daripada I dan II. Zona IV sebagai kontrol terletak paling jauh. Pemeliharaan kambing di daerah yang bersangkutan minimal satu tahun. Pemeriksaan darah yang dilakukan meliputi jumlah eritrosit, PCV dan kadar hemoglobin. Data dianalisis menggunakan Sidik Ragam dan dilanjutkan dengan uji BNJ 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencemaran udara Pabrik Semen Gresik di Kabupaten Tuban tidak n1empengaruhi jumlah eritrosit, PCV dan kadar hemoglobin pada kambing. AdaptiH jarak keberadaan kambing dengan pabrik semen tidak mempengaruhi hasil pemeriK~~n darah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
NURUL NUBUWATI, 069612268UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Poernomo, Dr. M.S., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 21 Nov 2016 17:52
Last Modified: 14 Jun 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46433
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item