YULAEDI, 049922924E
(2004)
PENERAPAN TARGET COSTING DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL UNTUK MEMPEROLEH HARGA YANG KOMPETITIF STUDI KASUS PADA CV "X".
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Dengan adanya persaingan dunia usaha yang sangat ketat saat ini menuntut setiap perusahaan untuk lebih meningkatkan daya saingnya, apalagi konsumen semakin menginginkan produk yang sesuai dengan kualitas yang diharapkan dengan tingkat harga yang seminimal mungkln. Dalam hal ini perusahaan perlu melakukan perubahan pola berpikirnya selama ini karena dalam persaingan bisnis yang ketat konsumen menjadi pemegang kendali tentang produk yang dihasilkan perusahaan. Selama ini perusahaan menentukan harga jual berdasarkan harga pokok produksi ditambah laba (mark up) yang diinginkan perusahaan. Penentuan harga jual seperti ini seringkali kurang mengabaikan tingkat harga pasar barang terse but dan akibatnya harga jual menjadi lebih tinggi dari pasar sehingga harga jual tidak terjangkau oleh konsumen. Dalam hal ini perusahaan perlu menerapkan metode Target Costing yaitu suatu metode dimana harga jual ditetapkan terlebih dahulu sesuai dengan tingkat harga yang dibutuhkan konsumen kamudian baru menentukan laba yang dikehendaki sehingga ditemukan biaya yang ditetapkan (allowable cost) untuk melaksanakan produksi.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus dengan obyek penelitian pada CV "X" yang memproduksi makanan ringan. Dari hasil penelitian pada CV "X" kurang memperhatikan masalah efisiensi biaya produksi. Hal ini dapat dilihat dari besarnya biaya-biaya Non Value Added serta kurangnya penerapan efisiensi yang baik terhadap biaya-biaya yang bersifat Real Value Added dan Bisnis Value Added. Pengendalian biaya yang kurang efisien ini terjadi karena manajemen mengalami kesulitan dalam menerapkan perhitungan biaya yang baik serta kesulitan untuk meminimalkan biaya sampai dengan target biaya yang diharapkan.
Actions (login required)
|
View Item |