HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN STASIUN KERJA DENGAN KELUHAN SUBYEKTIF MUSCULOSKELETAL ( Studi Pada Pekerja di PT.PLN-APD Jawa Timur)

KINANTI LESTARI, 101211131216 (2016) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN STASIUN KERJA DENGAN KELUHAN SUBYEKTIF MUSCULOSKELETAL ( Studi Pada Pekerja di PT.PLN-APD Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 338-16 Les h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaaan komputer yang sangat meningkat diikuti pula dengan semakin berkembangnya fungsi dari komputer dapat menimbulkan dampak positif dan negatif bagi pekerja pengguna komputer. Salah satu dampak negatif yang akan timbul yaitu adanya keluhan subyektif muskuloskeletal yang akan dirasakan oleh pekerja pengguna komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan antara karakteristik individu dan stasiun kerja dengan keluhan subyektif muskuloskeletal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain crossectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah total populasi yaitu sebesar 15 orang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah karakteristik individu yang meliputi umur, jenis kelamin, masa kerja dan kebiasaan merokok, serta stasiun kerja yang meliputi meja, kursi, penempatan monitor, penempatan keyboard dan penempatan mouse. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden berjenis kelamin laki-laki, dengan usia <35tahun sebagian besar telah bekerja ≥5 tahun. Hasil kuesioner NBM menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami keluhan subyektif muskuloskeletal dengan tingkat rendah dan sedang. Sebagian besar responden mengalami keluhan pada leher atas, tengkuk, bahu kiri dan kanan serta punggung. Hasil penilaian stasiun kerja menunjukkan bahwa terdapat beberapa peralatan kerja yang tidak ergonomis diantaranya kursi yang tidak memiliki roda, tepi meja yang tajam, penempatan monitor yang lebih rendah dari pandangan mata serta penempatan keyboard dan mouse yang tidak sejajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar stasiun kerja komputer di PT.PLN-APD Jawa Timur sudah ergonomis, sebagian besar responden mengalami keluhan subyektif muskulsokeletal dengan tingkat rendah dan sedang. Hasil uji kuat hubungan dengan menggunakan koefisien kontingensi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah dan sedang antara karakteristik individu dan stasiun kerja dengan keluhan subyektif muskuloskeletal pada pekerja PT. PLN-APD Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 338-16 Les h
Uncontrolled Keywords: muskuloskeletal, karakteristik individu, stasiun kerja.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795-839.5 Temperament, Character (Ethology)
R Medicine > RD Surgery > RD701-811 Orthopedic surgery
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
KINANTI LESTARI, 101211131216UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny Ardyanto W., Dr. , Ir., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Nov 2016 18:23
Last Modified: 18 Mar 2018 23:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46449
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item