EVALUASI STRUKTUR PENGENDALIAN INTERNAL ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN GUEST SUPPLIES PADA HOTEL SAHID SURABAYA

AMANDA VENESHITA HERDINY, 040318412 (2010) EVALUASI STRUKTUR PENGENDALIAN INTERNAL ATAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN GUEST SUPPLIES PADA HOTEL SAHID SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-herdinyama-16776-abstrak-0.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4649.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Guest supplies adalah perlengkapan yang perlu disediakan di kamar terutama untuk kebutuhan tamu, sehingga menuntut perhatian seksama dari pihak manajemen suatu hotel. Tanpa adanya guest supplies manajemen akan dihadapkan pada resiko bahwa hotel pada suatu saat tidak dapat memenuhi permintaan tamu hotel atas guest supplies. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan adanya suatu struktur pengendalian internal atas guest supplies. Struktur pengendalian internal pembelian guest supplies tergantung pada bagian – bagian yang terkait. Adanya sistem informasi akuntansi yang memadai dapat membantu pihak manajemen dalam pengambilan keputusan, pengelolaan dan pengendalian guest supplies. Sistem informasi akuntansi yang berada di Hotel Sahid Surabaya telah menerapkan sistem teknologi informasi berbasis computer untuk memudahkan pengambilan data dan informasi yang diperlukan termasuk dalam sistem pembelian guest supplies yang meliputi sistem pemesanan barang, penerimaan barang, penyimpanan barang dan pembayaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan struktur pengendalian internal pada sistem informasi akuntansi pembelian guest supplies dapat digunakan sebagai alat bantu bagi pihak manajemen dalam mengendalikan guest supplies, sehingga dapat menghasilkan informasi yang akurat dan efektif. Penulis melakukan penelitian dengan metode kualitatif dengan metodologi studi kasus, dimana menggambarkan penerapan sistem informasi akuntansi pembelian guest supplies dapat digunakan sebagai alat bantu bagi pihak manajemen dalam mengendalikan dan mengelola guest supplies. Dari hasil penelitian tersebut maka penulis menyimpulkan bahwa struktur pengendalian internal terhadap sistem informasi akuntansi pembelian guest supplies pada Hotel Sahid Surabaya belum seluruhnya dijalankan berdasarkan perdoman sistem dan prosedur yang berlaku. Penerapan sistem komputerisasi pada Hotel Sahid Surabaya belum diterapkan secara keseluruhan dan kurangnya pemantauan - pemantauan terhadap aktivitas – aktivitas yang sedang berjalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 364 10 Her e
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT COSTING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
AMANDA VENESHITA HERDINY, 040318412UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus WIdodo MardijuwonoUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 21 Mar 2011 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 22:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4649
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item