INISIATIF MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN EKONOMI PRODUKTIF (Studi Tentang Inisiatif Masyarakat Penerima BantuaD Dana Program Pengembangan Kecamatan (PPK) Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekonomi Produktif di Desa Mendalanwangi Keamatan Wagir Kabupaten Malang)

SARI REJEKI, 079514963 (2001) INISIATIF MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN EKONOMI PRODUKTIF (Studi Tentang Inisiatif Masyarakat Penerima BantuaD Dana Program Pengembangan Kecamatan (PPK) Dalam Mengembangkan Kegiatan Ekonomi Produktif di Desa Mendalanwangi Keamatan Wagir Kabupaten Malang). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS AN 17-01 RIJ I.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk menjawab permasalahan tentang bagaimanakah pemabaman masyarakat penerima bantuan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) terhadap pengembangan Kegiatan Ekonomi Produktif (KEP) dan bagaimanakah inisiatif masyamkat tersebut dalam mengembangkan kegiatan ekonomi produktif. Oleh karena itu dalam penelitian ini perlu ditinjau dari beberapa aspek:, yaltu ; pemahall1all masyarakat tentang tentang KEP, Sikap masyarakat dan inisiatifyang ada serta vanabel yang mempengaruhi inisiatif yang antara lain; motivasi, kreatifitas, pengalaman, wawasan dan tingkat pendidikan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ripe penelitian deskriptif -kualitatif, dengan tujuan agar daiam penelitian ini dapat menjelaskan fenomena-fenomena yang ada dengan lebih rind semngga diperoleh gambaran yangjelas tentang obyek dan permasalahan penelitian hingga pada akbimya dapat ditarik kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus ke bal-hal yang bersifat lebih umum. Dipilih Desa Mendaianwngi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Dati II Malang sebagai lokasi penelitian ini brena keberhasilan desa tersebut daiam melaksanakan PPK, baik fisik manpun ekonomi prodnktif. Hal ini diperkuat oleh keterangan Konsultan Jatim yang mengatakan hahwa Desa Mendalanwangi merupakan desa yang sangat baik dalam melaksanakan PPK. Teknik penelitian infonnan djIakukan dengan cam purposive dan snowball sampling, sedang unink mengumpulkan data dilaknkan dengan wawancam.observasi dan dokumenter. Dan untuk menganalisa data meliputi beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sedang unink teknik pemeriksaan data diciptakan raport dengan menggunakan triangulasi sumber data. Dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemabaman masyarakat penerirna PPK tentang pengembangan kegiatan ekonorni produktif tergolong rendah secara konseptual dan termasuk sedang secam praktek. Mereka kurang perduli apa itu PPK tapi mereka mengerti tentang kegiatan ekonomi produktif. Oleh karena itu sikap mereka terhadap dana bantuan PPK sangat mendukung sebab bisa menambah modal usaba mereka. Cam berpikir masyarakat ini yang sederhana jnga menyebabkan inisiatif yang muneul pun tidak begitu bagus. Mereka kebanyakan banya berpikir untuk saat ini, hal ini sangat dipengaruhi olen motivasi. kreatifitas, pengalaman, wawasan dan tingkat pendidikan yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 17-01 REJ I
Uncontrolled Keywords: DEVELOPMENT ECONOMIC
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615-715 Entrepreneurship
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
SARI REJEKI, 079514963UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 21 Nov 2016 21:45
Last Modified: 14 Jun 2017 21:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46521
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item