PENERAPAN HUMAN RESOURCES INFORMATION SYSTEM-HRIS DALAM PENENTUAN KOMPENSASI KARYAWAN DI P.T. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk.

MULIVIANTHI, 049711500 E (2002) PENERAPAN HUMAN RESOURCES INFORMATION SYSTEM-HRIS DALAM PENENTUAN KOMPENSASI KARYAWAN DI P.T. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 30-03 Mul p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Alasan yang melatarbelakangi penulis untuk mengambil topik "Penerapan Human Resource Information System-HRIS dalam Penentuan Kompensasi Karyawan di P.T. Semen Gresik (Persero) Tbk. adalah bahwa sumber daya manusia mempunyai peran penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. 01eh sebab itu pengelolaan sumber daya manusia secara efektif dan efisien agar diperoleh karyawan dengan produktivitas optimal menjadi kunci keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Peningkatan produktivitas karyawan dapat dimotivasi dengan pemberian kompensasi yang layak berupa gaji, tunjangan (pengabdian, pakaian, rumah dinas, makan, perjalanan, cuti tahunan, kesehatan, dB), Jamsostek, bonus dan penghargaan. Penulis melakukan penelitian di P.T.Semen Gresik (Persero) Tbk. yang bergerak dalam bidang manufaktur menghasilkan semen, PT Semen Gresik (Persero) Tbk. (Persero) Tbk. berlokasi di Gresik dan Tuban dengan jumlah karyawan yang cukup besar sehingga pengelolaan karyawan menjadi hal yang utama. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran secara lengkap mengenai gambaran umum karyawan P.T. Semen Gresik (Persero) Tbk. arah dan pengembangan sumber daya manusia yang telah ditetapkan, pola pengembangan sumber daya manusia termasuk pcngembangan karier, pendidikan dan pelatihan, kesejahteraan dan fasilitas, pemberian kompensasi dan penghargaan. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa P.T. Semen Gresik (Persero) Tbk. telah melakukan penilaian karyawan secara periodik setahun 2 kali. Hasil penilaian/evaluasi ini digunakan sebagai dasar kenaikan pangkat bersama-sama dengan masa kerja karyawan. Selanjutnya, golongan/pangkat seseorang akan menentukan kompensasi yang akan diperolehnya, baik berupa gaji dasar, tunjangan pengabdian, tunjangan makan, tunjangan pakaian dinas, tunjangan kesehatan, tunjangan umum, insentif presensi, tunjangan sewa rumah, uang perjalanan cuti tahunan, tunjangan hari raya, Jamsostek, rumah dinas dan bonus. Dalam penetapan kompensasi ini, P.T. Semen Gresik (Persero) Tbk. menggunakan modul yang telah terkomputerisasi sehingga pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pemberian kompensasi karyawan dapat dilakukan lebih cepat, tepat dan akurat. Berikutnya, saran yang diajukan adalah mengembangkan sistem yang terintegrasi antara sistem informasi di departemen sumber daya manusia dengan departemen lainnya (akuntansi, dll) secara bertahap, baik secara departemental maupun wilayah (Gresik dan Tuban).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 30-03 Mul p
Uncontrolled Keywords: HUMAN RESOURCES INFORMATION SYSTEM ; KOMPENSASI KARYAWAN
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MULIVIANTHI, 049711500 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHENDARJATNO, Drs. MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Nov 2016 22:42
Last Modified: 21 Nov 2016 22:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46532
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item