PENGARUH NEOLIBERALISME TERHADAP SISTEM EKONOMI POLITIK INTERNASIONAL DALAM TINJAUAN TEORI STRUKTURASI PEMIKIRAN ANTHONY GIDDENS

Moch. Yunus, 079414325 (2002) PENGARUH NEOLIBERALISME TERHADAP SISTEM EKONOMI POLITIK INTERNASIONAL DALAM TINJAUAN TEORI STRUKTURASI PEMIKIRAN ANTHONY GIDDENS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Hi 38-02 Yun p.pdf

Download (277kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keunggulan Teori Strukturasi Anthony Giddens tak lepas dari kemampuannya dalam merekonstruksi dualisme ilmu sosial serta cara penjelasan bam dari perubahan yang ditimbulkan modemitas yang selama ini tidak mampu dijelaskan meskipun dengan grand theory sekelas Marx ataupun Parson. Perdebatan dualisme ilmu sosial mengemuka ketika paradigma dihadapkan pada pilihan saling menisbikan (dualisme) antara cara pandang yang memprioritaskan tindakan/pengalaman individu diatas gejala keseluruhan ataupun sebaliknya. Berbeda dengan pemikir sosial yang lai~ interaksi struktur dan agen dalam sistem dilihat Gidden sebagai relasi dualitas. Hubungan keduanya dianggap tindakan dan struktur yang saling mengandaikan. Dualitas struktur-pelaku terletak dalam proses dimana "struktur sosial merupakan hasil dan sekaligus sarana praktik sosial". Dualitas terjadi pada "praktik sosial yang berulang dan terpola dalam ruang dan waktu". Selanjutnya, konsepsi "perenggangan ruang dan waktu" dalam globalisasi menurut Giddens mempercepat integrasi sistem yang terbentuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HI 38-02 Yun p
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Moch. Yunus, 079414325UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI. Basis Susilo, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 21 Nov 2016 23:51
Last Modified: 15 Jun 2017 16:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46594
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item