PERAN DAN IMPLIKASI KEHADIRAN PERUSAHAAN PERTAMBANGAN MULTINASIONAL BAGI PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA Studi Kasus: PT. Newmont Nusa Tenggara

NIES YUNANDRI, 079715579 (2002) PERAN DAN IMPLIKASI KEHADIRAN PERUSAHAAN PERTAMBANGAN MULTINASIONAL BAGI PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA Studi Kasus: PT. Newmont Nusa Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
HI 42-02 Yun p.pdf

Download (266kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berakhimya perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet yang ditandai dengan lenyapnya negara komunis itu pada tahun 1991 merupakan peri ode penting bagi perkembangan intensitas serta ruang lingkup d3.1am hubungan intemasional. Isu-isu ekonomi muneul lUltuk menandingi dominasi isu politik selama · perang dingin berlangslUlg, Adalah perusahaan multinasional, suatu institusi yang, paling mampu menyesuaikan diri, merupakan suatu bentuk nyata dari pola hubungan' ekonorni yang transnasional, yaitu melintasi batas territorial negam dan juga menjadikan hublUlgan ekonomi antar negara semakin bertambah kompleks dan terkait satu sarna lain pada tatanan interdependensi globaL Bagi negara dunia ketiga, kehadiran perusahan multinasional dalam pembangunan ekonorni negara merupakan hal yang tak terelakkan. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan terhadap sumber pembiayaan pembangunan sehingga membutuhkan duklUlgan dana dari luar negeri meskipun disisi lain kehadiran perusahaan multinasional justru merupakan bumerang tersendiri bagi negara berkembang karena menciptakan ketergantungan secara ekonomi-tekhnologi terhadap perusahaan multinasional dalam mengaktua1isasikan sumber-sumber alam yang dimilikinya dan berdampak negatif terhadap lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HI 42-02 Yun p.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
NIES YUNANDRI, 079715579UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAjar Triharso, Drs., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 22 Nov 2016 00:36
Last Modified: 15 Jun 2017 16:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item