EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI MEDIA BANGKU PERTEMANAN UNTUK MENINGKATKAN EMPATI ANAK

NUR DINY ABADIAH, 111211131028 (2016) EFEKTIVITAS PROSES BELAJAR KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI MEDIA BANGKU PERTEMANAN UNTUK MENINGKATKAN EMPATI ANAK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PSI.85-16 Aba e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas proses belajar keterampilan sosial melalui media bangku pertemanan untuk meningkatkan empati anak. Definisi keterampilan sosial di dalam penelitian ini menggunakan teori keterampilan sosial Spence (2003), sedangkan definisi empati di dalam penelitian ini menggunakan teori empati Zoll dan Enz (2010). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode eksperimental laboratorium. Subjek di dalam penelitian ini adalah anak-anak yang berusia 9-11 tahun dan mendapatkan skor empati rendah dan sedang. Penilaian empati dilakukan dengan menggunakan skala Empati Zoll dan Enz (2010) yang telah diadaptasi oleh Ahyani dan Latifah (2013) dengan modifikasi penulis. Teknik analisis data menggunakan metode paired sample T-Test dengan bantuan SPSS 16 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar keterampilan sosial melalui media bangku pertemanan efektif dalam meningkatkan empati anak. Hal ini disebabkan karena didalam prosesnya terjadi dinamika empati dimana anak mulai belajar merasakan dan memahami kesedihan, kesulitan, serta keinginan yang dirasakan oleh teman sebayanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.85/16 Aba e
Uncontrolled Keywords: keterampilan sosial, proses belajar, empati, bangku pertemanan,anak
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
NUR DINY ABADIAH, 111211131028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrimatia Yogi Wulandari, S.Psi, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:44
Last Modified: 20 Jun 2017 16:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item