PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL SEBAGAI PELENGKAP LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada PTPN XII Kebun Pancursari Malang)

SITI CHOTIJAH, 049916358 (2003) PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL SEBAGAI PELENGKAP LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada PTPN XII Kebun Pancursari Malang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 216-03 CHO P.pdf

Download (209kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Akuntansi pertanggungjawaban sosial merupakan . perluasan pertanggungjawaban organisasi (perusahaan) di luar batas-batas akunlansl keuangan tradisional, yaitu menyediakan laporan keuangan tidak hanya kepada pennhk modal khususnya pemegang saham. Perluasan ini didasarkan pada angggapan bahwa perusahaan memiliki tanggungjawab yang lebih luas dan tidak sekedar mencari uang untuk para pemegang saham. . Dalam penuli5an penelitian ini dilakukan untuk melihat penerapan akuntansl pertanggungjawaban sosial pada PTPN XII (persero) Kebun Pancursari Malang, yaitu sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor pertanian subsektor perkcbunan. Adapun permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimanakah penerapan akuntansi pertanggungjawaban sosial di dalam perusahaan dengan menggunakan pendekatan biaya yang dike.luarkan (cost-oj~ outlay-approach) ?; (2) Bagaimanakah bentuk penyaj ian laporan deng'dn menggunakan pendekatan biaya yang dikeluarkan sebagai pelengkap laporan kcuangan pcrusahaan 7; (3) Bagaimanakah peran pelaporan pertanggungjawaban 50sial dalam meningkatkan kegunaan laporan keuangan pemsahaan ? Untuk pemecahan masalahnya dilakukan serangkaian analisis dengan mengunakan data yang bera.'lal daD laporan keuangan perusahaan, yaitu Laporan Laba Rugi dan Neraca Tahun 2001 dan 2002, Penilaian kineJja sosial perusahaan didasarkan pada kenaikan atau penurunan biaya 505ial yang dikeluarkan perusahaan ootuk .'lumber daya manusia, lingkungan, masyarakat, serta produk/jasa dengan membuat laporan biaya sosial tahoo 200 1 dibandingkan dengan tahoo 2002. Hasil dari analisis tersebut menunj ukkan bahwa kinerja sosial perusahaan pada tahun 2002 mengalami penurunan dibandingkan taboo 200 I , Agar laporan biaya sosial dapat menggambarkan komitmen perusahaan terhadap kinerja 505ial dan aspek sosial secara kuantitatif, serta dapat menilai tanggungjawab perusahaan, maka perusahaan sebaiknya menerapkan akootansi pertanggungjawaban sosial dengan pendekatan biaya yang dikeluarkan (Cost-of outlay approach) sebagai pelengkap laporan keuangan perusahaan. Penerapan akuntansi pertangungjawahan $Ostal dapat meningkatkan kegooaan laporan keuangan. Di mana dalam perspektif akuntansi konvensional, iaporan keuangan hanya ditujukan bagi pemilik modal (stockholder), tetapi dalam perspektif akuntansi pertangungjawahan sosial, laporan keuangan ditujukan bagi seluruh pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan (stakeholder),

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 216-03 Cho p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL SEBAGAI PELENGKAP LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada PTPN XII Kebun Pancursari Malang)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4-185 Engineering economy
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SITI CHOTIJAH, 049916358UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTJIPTOHADI S, Drs.,PhUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Nov 2016 16:31
Last Modified: 15 Jun 2017 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46636
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item