HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KONSUMSI DAN STATUS GIZI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PEKERJA WANITA SAAT PUASA (Studi di Bagian Packing CV Surya Nedika Isabella)

PUTRI DWI ANGGRAINI, 101211133020 (2016) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KONSUMSI DAN STATUS GIZI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PEKERJA WANITA SAAT PUASA (Studi di Bagian Packing CV Surya Nedika Isabella). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 357-16 Ang h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produktivitas merupakan hal yang menentukan tingkat daya saing, baik pada tingkat individu, perusahaan, industri, maupun pada tingkat negara. Gizi pada pekerja mempunyai peran penting, baik bagi kesejahteraan maupun dalam rangka meningkatkan disiplin dan produktivitas. Gizi tenaga kerja harus selalu diperhatikan karena gizi merupakan nutrisi atau zat makanan yang diperlukan tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhannya sesuai dengan jenis pekerjaannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat konsumsi dan status gizi dengan produktivitas kerja pada pekerja wanita di bagian packing CV Surya Nedika Isabella. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain contingency coefficient dengan pengambilan sampel secara simple random sampling. Subjek penelitian adalah 45 orang pekerja wanita yang dinilai tingkat konsumsinya baik energi, karbohidrat, lemak dan protein dengan metode 24 hours food recall. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah status gizi dan tingkat konsumsi. Pada penelitian ini, analisis uji statistik dilakukan menggunakan uji contingency coefficient. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden berusia produktif yang memiliki masa kerja selama 6 hingga 10 tahun dan lulusan SMA. Dari hasil analisis contingency coefficient menunjukkan bahwa hubungan tingkat konsumsi energi dengan produktivitas kerja memiliki C = 0,039, tingkat konsumsi protein dengan produktivitas kerja memiliki C = 0.116, tingkat konsumsi lemak dengan produktivitas kerja memiliki C = 0.065, tingkat konsumsi karbohidrat dengan produktivitas kerja memiliki C = 0.140, dan status gizi dengan produktivitas kerja memiliki C = 0.268. Pada penelitian ini kesimpulan yang dapat ditarik adalah tidak terdapat hubungan antara tingkat konsumsi dan status gizi dengan produktivitas kerja. Saran yang diberikan bagi pekerja diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gizi harian mereka agar produktivitas kerja semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 357-16 Ang h
Uncontrolled Keywords: Tingkat konsumsi, status gizi, produktivitas kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP1-610 Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc.
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI DWI ANGGRAINI, 101211133020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Rahayu Nadhiroh, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 Nov 2016 16:48
Last Modified: 27 Mar 2018 00:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46646
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item