BALANCED SCORECARD : PENGUKURAN KINERJA KOMPREHENSIF UNTUK MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE PERUSAHAAN (PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA UNIT PATAL GRATI)

HELI NORISA, 049822328 E (2001) BALANCED SCORECARD : PENGUKURAN KINERJA KOMPREHENSIF UNTUK MENINGKATKAN COMPETITIVE ADVANTAGE PERUSAHAAN (PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA UNIT PATAL GRATI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 46-02 NAR B.pdf

Download (706kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini disusu~ berdasarkan hasil pene1itian yang lelah dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana mengukur kinerja perusahaan dengan menggunakan konsep balanced scorecard dan perannya dalam mendukung strategi perusahaan untuk meningkatkan competitive advantage bagi PI Industri Sandang Nusantara Unit PaW Grati. Balanced scorecard sebagai salah satu alat pengukuran kinerja perusahaan yang sedang populer saat ini, merupakan pengukuran kinerja manajemen yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non keuangan secara seimbang dengan menerjemahkan misi dan stratygi ke dalam tujuan dan ukuran kinerja yang koheren yang diorganisir dari empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan perturnbuhan. Penelitian "ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodologi studi kasus dengan obyek penelitiannya adalah PI Industri Sandang Nusantara Unit Patal Grati yang bergerak dalam usaha pemintalan benang tenun. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Patal Grati sebenarnya Ielah mempunyai misi dan slrategi bersaing generik, tetapi misi, strategi bersaing generik dan strategi-strategi pendukung yang telah ditetapkan dalam perusahaan belum dijelaskan secara eksplisit kepada seluruh lapisan organisasi. Patal Grati baru menggunakan aspek keuangan dalam mengukur kinerja perusahaannya dan belum menyadari pentingnya aspek non keuangan dalam meningkatkan compeWiw advantage perusahaan. Data-data yang berhasil dikumpulkan dijabarkan ke dalam keadaan perusahaan ditinjau dari empat perspektif yang ada, strategi-strategi diuraikan ke dalam sasaran-sasaran dengan menetapkan tolok ukur yang sesuai dengan kondisi perusahaan, sehingga dihasilkan suatu hubungan sebab akibat antara sasaran-sasaran keempat perspeklif dengan perspektif keuangan sebagai sas'uan akhir. Dan hasil anaUsa data, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam meningkatkan competitive advantage dan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan di masa sekarang dan akan datang, Patal Grati sebaiknya menjelaskan secara eksplisit visi, mis!, tujuan dan strategi perusahaan ke seluruh lapisan o~ganjsasi yang ada, sehingga anggota perusahaan secara jelas mengetahui tujuan, arah dan bagaimana mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menggunakan balanced scorecard dalam mengukur kinerja perusahaannya, sehingga akan memberikan pandangan sekilas namun komprehensif tentang bisnis yang mcnekankan pada kesclarasan \ujuan organisasi sebagai key succes factor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK. A. 46-02 Nor b (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: BALANCED SCORECARD; PENGUKURAN KINERJA; COMPETITIVE ADVANTAGE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HELI NORISA, 049822328 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElia Mustikasari, Dra., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 22 Nov 2016 23:57
Last Modified: 15 Jun 2017 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46658
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item