PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BIAYA YANG DIKELUARKAN (STUDI KASlJS PADA PABRIK GULA KERON AGUNG MALANG)

ANDRE FEBRIANSYAH, 049514933 (2001) PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BIAYA YANG DIKELUARKAN (STUDI KASlJS PADA PABRIK GULA KERON AGUNG MALANG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 232-01 Feb p.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan dalam melaksanakan kegiatan usahanya secara langsung maupun tidak langsung akan berinteraksi dengan lingkungan sosial sekitarnya. Untuk menunjukkan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitamya sudah sepatutnya perusahaan memiliki laporan yang berisi tentang sumber-sumber ekonomi yang digunakan, hasil-hasil yang telah dicapai dan dampak penggunaan sumber-sumber ekonomi tersebut. Disinilah penerapan akuntansi pertanggung jawaban so sial (APS) diperlukan. Sedangkan pendekatan yang dapat digunakan dalam penerapan APS adalah pendekatan deskriptif (descriptive approach), pendekatan biaya yang dikeluarkan (cost-of-outlayapproach), dan pendekatan biaya-manfaat (cost-benefit approach). Dalam skripsi ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan biaya yang dikeluarkan (costoj-outlay approach). Dalam penulisan skripsi ini, penelitian dilakukan untuk melihat kemungkinan penerapan APS pada Pabrik Gula (PG) Kebon Agung, Malang, dim ana PG tersebut banyak berinteraksi dengan masyarakat, khususnya dengan Petani Tebu Rakyat (TR), Adapun masalah yang timbul adalah: (1) Bagaimana penerapan APS dalam perusahaan berdasarkan pendekatan biaya yang dikeluarkan (cost-of-olltlayapproach)? (2) Bagaimana penyajian laporan dengan menggunakan pendekatan biaya yang dikeluarkan ? Untuk pemecahan masalahnya dilakukan serangkaian analisis dengan mempergunakan data-data yang berasal dari laporan keuangan perusahaan yaitu laporan laba rugi dan neraca tahun 1999 dan 2000. Penilaian tanggung jawab sosial perusahaan didasarkan pada teIjadinya kenaikan atau penurunan biaya sosial yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk sumber daya manusia, lingkungan, masyarakat serta untuk produk/jasa dengan membuat laporan sosial perusahaan tahun 1999 dibandingkan dengan tahun 2000. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan pada tahun 2000 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 1999. Agar dapat menunjukkan komitmen perusahaan atas aktivitas sosial dan kineIja sosial secara kuantitatif (sesuai tujuan APS) dan sekaligus dapat menilai tanggung jawab sosial perusahaan, maka perusahaan sebaiknya menerapkan APS dengan menggunakan pendekatan biaya yang dikeluarkan (cost-of-outlay approach) yaitu melalui laporan biaya sosial sebagai pelengkap dalam laporan keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 232-01 Feb p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BIAYA YANG DIKELUARKAN (STUDI KASlJS PADA PABRIK GULA KERON AGUNG MALANG)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ANDRE FEBRIANSYAH, 049514933UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorISNALITA, Dra.M.Si.;AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Nov 2016 20:44
Last Modified: 15 Jun 2017 18:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46685
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item