KUN MARIFATlN, 040037011
(2004)
ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SELEBRITIS SEBAGAI BINTANG IKLAN TELEVISI TERHADAP CITRA MEREK PRODUK JAMU TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL DI SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Persaingan industri jamu di Indonesia saat ini kian tajam. PI. Sido Muncul saat ini tercatat sebagai salah satu market leader dalam industri jamu, berupaya untuk menjaga pangsa pasar yang telah diraihnya dengan cara melakukan promosi besar-besaran, dengan menggunakan selebritis terkenal sebagai bintang iklan. Menurut Kamins et. aL,(l989) seoogai endoser selebritis juga dapat membentuk sebuah sikap positif terhadap merek dan selebritis dapat menjadikan sebuah iklan menjadi lebih terpercaya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengarub penggunaan selebriti sebagai bintang Iklan televisi terhadap Citra Merek produk jamu Tolak Angin SidoMuncul di Surabaya. Penelitian dilakukan terhadap 200 orang responden yang pemah menyaksikan iklan Jamu Tolak Angin Sido Muncul yang dibintangi oleh Setiawan Djody dan Sophia Latjuba, yang ditayangkan selama bulan Agustus - Oktober 2003.
Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi konsep dari Shimp (2000:338) yaitu Kredibilitas Selebriti, Daya Tarik Selebriti, Kesesuaian Selebriti dengan Merek, Dampak Kepopuleran Selebriti. Variahel dependennya adalah Citra Merek jamu Tolak Angln SidoMuncuL Teknlk pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik non probabiltty Sampling dengan metode Purpastve Sampling dan Accldental Sampling.
Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan bahwa variabel Kredibilitas Seiebriti, Daya Tarik selebriti, Kesesuaian Selebriti dengan Merek, Faktor-Faktor Petimbangan Lainnya, seeara bersama-sama mempunyai penga:uh signifikan terbadap Citra Merek, tetapi untuk variabel Dampak Kepopuleran Selebntl secara parsiaI tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Citra Merek.
Actions (login required)
|
View Item |