PENGARUH SERBUK TEMULAWAK(Curcuma xanthorrhiza)PADA PAKAN TERBADAP KADAR NITROGEN UREA DAN KREATININ SERUM ITIK JANTAN (Anas platyrhynchaos)

lRMANU OMMY NOORENDRA, 069912678 (2004) PENGARUH SERBUK TEMULAWAK(Curcuma xanthorrhiza)PADA PAKAN TERBADAP KADAR NITROGEN UREA DAN KREATININ SERUM ITIK JANTAN (Anas platyrhynchaos). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 58-05 NOO P.pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serbuk temulawak (Curcuma xanthorrhiza) pada pakan terhadap k.adar nitrogen urea dan kreatinin serum itikjantan. Sejumlah 25 ekor Day Old Duck itik jantan dari Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur umur enam minggu sebagai hewan percobaan. Rancangan percobaan yang digllnakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terbagi dalam lima perlakuan dengan lima ulangan. Data dianalisis menggunakan Analisis Ragam dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) 5%. Serbuk temulawak ditambahkan pada pakan sesuai dosis pedakuan, untuk perlakuan pertama PO tanpa. penambahan serbuk temulawak dalam. pa.kan dan berfungsi sebagai kontrol, perlakuan PI dengan penambahan serbuk temulawak 0,5%, perlakuan P2 dengan penambahan serbuk temulawak 1%, perlakuan P3 dengan penambahan serbuk temulawak 1,5%, dan perlakuan P4 dengan penambahan serbuk temulawak 20/0. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah kadar nitrogen urea dan kreatinin serum itik jantan melalui pemeriksaan kimia klinik pa.da akhir masa penelitian (30 hari masa pedakuan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan serbuk temulawak pada pakan tidak berpengaruh terhadap k.adar nitrogen urea itik jantan. Penambahan serbuk temulawak pada pakan sampai dosis 1,5% sangat berpengaruh menunmkan kadar kreatinin serum ink jantan, sedangkan dosis 2% kurang beqjengaruh. terhadap kadar kreatinin serum itik jantan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
lRMANU OMMY NOORENDRA, 069912678UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Sri Wahjuni, M.S., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Nov 2016 01:26
Last Modified: 15 Jun 2017 21:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46802
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item