ELISABETH PRIHANDRIJANI, 111414253021
(2016)
PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN DUKUNGAN SOSIAL
TERHADAP FLOW AKADEMIK PADA SISWA SMA “X” DI SURABAYA.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi
dan dukungan sosial terhadap flow akademik pada siswa SMA”X” di Surabaya.
Flow akademik ialah keadaan siswa yang dapat berkonsentrasi penuh, memiliki
motivasi diri, dan merasa nyaman ketika melakukan kegiatan akademik sehingga
individu dapat terlibat secara penuh dan melakukan aktivitas akademiknya secara
optimal. Flow akademik dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain
motivasi dan dukungan sosial dari orang tua, guru maupun teman sebaya.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini
sebanyak 196 siswa SMA “X” di Surabaya. Metode pengambilan sampelnya
menggunakan cluster random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan
berupa kuesioner motivasi berprestasi, dukungan sosial dan flow akademik. Skala
motivasi berprestasi dibuat oleh peneliti dengan mengacu pada teori Motivasi
Berprestasi yang dikemukakan oleh McClelland (1987). Skala ini berisi 23 aitem
dengan 5 indikator. Skala dukungan sosial dibuat oleh peneliti berdasarkan
konsep dukungan sosial yang dikemukakan oleh Sarafino (1998). Skala ini berisi
37 aitem dengan 4 indikator. Skala flow akademik diukur menggunakan alat ukur
The Flow Inventory for Student yang dikembangkan oleh Yuwanto (2011)
berdasarkan teori flow yang dikemukakan oleh Csikszentmihalyi (1990). Skala ini
menggunakan 3 indikator.
Hasil penelitian diolah dengan menggunakan program SPSS for windows
versi 20. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh Fhitung sebesar
38,425 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel motivasi berprestasi dan dukungan sosial secara
signifikan berpengaruh terhadap variabel flow akademik pada siswa SMA “X” di
Surabaya. Model persamaan linear berganda adalah sebagai berikut:
Y = 3,089 + 0,258X1 + 0,049 X2
Sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,285 menunjukkan secara
simultan variabel motivasi berprestasi dan dukungan sosial dapat menjelaskan
variabel flow akademik sebesar 28,5%.
Actions (login required)
|
View Item |