PERTUNJUKAN KESENIAN WAYANG TENGUL (Kajian Apresiasi Masyarakt di Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro Terhadap Kesenian Wayang Tengul)

TUTUNG NURDlYANA, 079615098 (2002) PERTUNJUKAN KESENIAN WAYANG TENGUL (Kajian Apresiasi Masyarakt di Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro Terhadap Kesenian Wayang Tengul). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Ant 05-03 Nur p.pdf

Download (241kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI" Wayang tengul merupakan salah satu jenis wayang yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang ada di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Oleh masyarakat setempat yaitu Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, yang menjadi lokasi penelitian tentang pertunjukan kesenian wayanng tengul ini, keberadaannya masih dilestarikan secara turun-temurun sebagai warisan dari nenek moyang. Berangkat dari keberadaan kesenian tradisional wayang tengul yang masih ada dan terus dilestarikan oleh masyarakat Desa Sidobandung, penulis berupaya mencari jawaban atas permasalahan yaitu bagaimana apresiasi masyarakat Desa Sidobandung terhadap wayang tengul, faktor-faktor apa yang mempengaruhi apresiasi tersebut, dan fungsi wayang tengul bagi masyarakat Desa Sidobandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menanbah perbendahanian kesenian wayang dan bukti bahwa kesenian wayang yang beraneka jenis dan bentuknya berkembang hingga kini, baik masih asli maupun telah termodifikasi, untuk memperoleh gambaran bentuk wayang atau serta fungsi dari wayang tengul di Kabupaten Bojon egoro, dan memperbanyak khasanah pengetahuan tentang kebudayaan Jawa lewatjalur kesenian wayang tengul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu memberikan analisis berdasarkan data di lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji lebih mendalam permasalahan penelitian. Alasan mengapa di pilih Desa Sidobandung sebagai lokasi penelitian adalah karena kesenian wayang di Desa Sidobandung masih tetap dilestarikan dan merupakan bentuk kesenian yang digemari oleh masyarakat setempat, sebagian besar warga Desa Sidobandung pernah menggelar kesenian wayang tengul pad a setiap acara-acara tertentu, dan terdapat paguyuban wayang tengul di Desa Sidobandung. Kesimpulan yang dapat diketengahkan dalam penelitian ini adalah bahwa secara umum apresiasi masyarakat terhadap wayang tengul sangat baik. Ini dibuktikan dengan masih banyaknya masyarakat menanggap pertunjukan keseni ini bila ada hajatan, masih banyaknya penggemar dan seniman wayang tengul di Desa ini, dan digelamya wayang tengul setiap setahun sekali pada upacara bersih desa di balai desa. Adapun faktor yang mempengaruhi apresiasi masyarakat terhadap wayang tengul adalah adanya faktor interaksi sosial yang meliputi tradisi, pengalaman pribadi, dan daya tarik wayang tengul. Sedangkan fungsi wayang tengul bagi masyarakat Desa Sidobandung adalah sebagai sarana hiburan, fungsi pemantapan keagamaan, fungsi pendidikan dan fungsi komunikasi. Fungsi wayang tengul yang beragam tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tonto nan masyarakat pendukungnya karena wayang tengul merupakan kesenian yang bersifat dinamis sehingga bisa saja fungsi yang sekarang ini berubah menurut perkembangan jaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis Ant 05-03 Nur p
Uncontrolled Keywords: PUPPET SHOW ART THENGUL
Subjects: N Fine Arts
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
TUTUNG NURDlYANA, 079615098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDTri Joko Sri Haryono, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 23 Nov 2016 19:54
Last Modified: 18 Jun 2017 15:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46885
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item