ANALISIS PERUMUSAN ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISA SWOT STUDI KASUS PADA HOTEL KUTA BEACH CLUB DI KUTA-BALI

VIVI HERVINA, 049716860 (2001) ANALISIS PERUMUSAN ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISA SWOT STUDI KASUS PADA HOTEL KUTA BEACH CLUB DI KUTA-BALI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B104-01 Her a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi dengan judul " Analisis Perumusan Alternatif Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisa SWOT Studi Kasus Pada Hotel Kuta Beach Club di KutaBali ini dibuat dengan mempertimbangkan Pulau Bali yang sangat terkenal sebagai salah satu daerah wisata terbesar di Indonesia yang begitu banyak menarik perhatian wisatawan baik domestik maupun asing. Hal ini terbukti dengan angka kunjungan wisatawan asing dan domestik yang cukup tinggi dan meningkat setiap tahunnnya. Dengan tingginya j umlah kunjungan ini maka menimbulkan peningkatan sub sektor industri pariwisata yang salah satunya adalah bisnis perhotelan yang cukup pesat. Hal ini menimbulkan persaingan hotel yang ketat dan usaha dari pihak manajemen hotel untuk menggunakan suatu strategi yang tepat agar tetap dapat mampu bertahan. Hotel Kuta Beach Club dari awal sejak berdirinya tahun 1972 hingga saat ini terbukti mampu menunjukan eksistensinya ditengah maraknya persaingan bisnis perhotelan yang ada di Bali dan Kuta khususnya. Dari latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan masalah " Bagaimana analisa lingkungan internal bagian pemasaran dan analisa ling.kungan eksternal perusahaan pada Hotel Kuta Beach Club berdasarkan analisa SWOT' serta «Apakah strategi pemasaran yang sesuai untuk Hotel Kuta Beach Club berdasarkan analisa SWOf". Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan serta pe)uang dan ancaman yang dihadapi oleh Hotel Kuta Beach Club serta merumuskan strategi pemasaran yang sesuai berdasarkan analisa SWOT. Pendekatan penelitian yang digunkan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan melukiskan fakta secara faktual dan cermat. Lang.kah-langkah yang dilakukan dalam analisa dan penelitiaan ini adalah: 1._Melihat fenomena pemasaran yang ada pada perusahaan. 2. Menentukan tujuan perusahaan dan tujuan pemasaran perusahaan. 3. Menentukan faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi perusahaan. 4. Menganalisa peluang-ancaman serta kekuatan-kelemahan perusahaan. 5. Menganalisa strategi pemasaran berdasarkan analisa SWOT. 6. Merumuskan usulan strategi pemasaran yang sebaiknya digunakan oleh perusahaan berdasarkan analisa SWOT. Dari hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa yang merupakan kekuatan Hotel Kuta Beach Club ialah : lokasi hotel yang strategis, marketing relation yang cukup kuat dengan Carefree Tour and Travel, bentuk arsitektur bangunan,interior & dekorasi serta fasilitas kamar yamg menarik, keistimewaaan lkekhasan hotel yaitu village atmosfer, nama baik hotel, adanya variasi harga kamar, prornosi yang dilakukan hotel, serta kual1tas kerja karyawan yang sangat baik. Sedang.kan yang rnerupakan kelemahan yaitu fasilitas hotel yang sangat sederhana serta restaurant dan bar yang kurang rnenarik. Peluang bagi pihak hptel yaitu : Kuta sebagai daerah tujuan wisata, budaya dan entertainment di Bali yang menarik, peraturan Pemda mengenai tinggi bangunan setinggi pohon kelapa yang menyebabkan bisnis perhotelan di Bali menjadi unik.. Dengan melihat hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang sebaiknya digunakn pihak Hotel Kuta Beach Club berdasarkan analisa SWOT adalah : menambah keragaman jenis produk Gasa ) yang ditawarkan selain jasa penyedian kamar dengan menambah special packet dan paket wisata lainnya .. Menetapkan harga yang berbeda untu peak dan low season, memberi harga yang berbeda untu para repeater guest, menetapkan harga kamar yang dapat dikompromikan untuk para tamu yang ingin menginap lebih lama di Hotel Kuta Beach Club.Dntuk saluran distribusi dapat dilakukan dengan memperluas hubungan keIjasama dengan travel agent asing dan domestik, keIjasama dengan taksi airport dan taksi lokal, local gUide. Air crew, melakukan network misalnya dengan pemilik art shop, restaurant dan bar, relasi keIja, kerabat dekat dan lain-lain dengan memberi spesial komisi bila dapat memberikan tamu. Dntuk kegiatan promosi sebaiknya dengan menambah sales promotion mengingat adanya dukungan dana, menjadi sponsor untuk kegiatan yang menunjang village atmosphere misalnya sponsor untuk Bali Art Festival dan lainnya, mengadakan diplay dan pemasangan outdoor advertising, mengadakan direct mail, serta pameran wisata. Menambah jam pelatihan untuk karyawan dengan melakukan keIjasama dengan pihak hotel lain. Hal ini guna meningkatkan kualitas layanan yang dapat diberikan karyawan kepada tamu dan berusaha mencapai service excellence. Hal ini dapat dilakukan dengan mendukung proses kelancaran jasa, memperhatikan budaya perusahaan serta standarisasi kualitas jasa· yang ditekankan hotel pada karyawannya. Fasilitas fisik yang ada di Hotel Kuta Beach Club perlu dijaga dan disesuaikan agar tetap up to date. Fasilitas hotel yang disediakan sedapat mungkin dirancang agar dapat mendukung konsep Village Atmosphere yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 104/01 Her a
Uncontrolled Keywords: MARKETING MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
VIVI HERVINA, 049716860UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dra., Ec., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 23 Nov 2016 21:47
Last Modified: 23 Nov 2016 21:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item