ARIYANTI KURNIA RAKHMANA, 079115756
(2003)
REPRESENTASI NILAI-NIIAI MASKULINITAS PADA RUBRIK PSlKO
COWOK DI MAJALAH Hai.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Menurut misi dan visi dati gerakan maskulinitas, keberadaan laki-Iaki sebagai pihak yang selalu dominan dalam budaya patriarki. temyata tidak selamanya menyenangkan bagi sebagian kaum laki-Iaki itu sendiri. Ada kejenuhan atas makna superior yang melekat pada identitas laki-laki. Tidak semua laki-Iaki merasa nyaman dengan statusnya itu. Sebagian dari mereka juga menghendaki sebuah relasi sosial yang lebih setara dan manusiawi.
Sebagai sebuah majalah yang belum memiliki kompetitor dan membidik remaja sebagai pasamya, majalah Hai dipilih karena berpotensi besar untuk menanamkan sebuah pemahaman nilai. Alasannya, karena remaja adalah masa pencarian jati diri sehingga relatif lebih mudah dimasuki nilai-nilai bam. Penanaman nilai itu beragam, tak terkecuali penanaman konsepsi maskulinitas. Dengan memberikan deskripsi mengenai konsepsi maskulinitas. pembaca seolah diberi tuntunan bagaimana berperilaku dan bersikap agar tetap bisa berada pada jalur 'kelaki-Iakiannya'. Pemberian konsepsi ini akan memberi batasan bagaimana sosok laki-Iaki ideal menurut Hai.
Actions (login required)
|
View Item |