A.A.G.B. WAHYU DHYATMIKA, 079615164
(2001)
PERAN KEPEMIMPINAN OPINI (PERSONAL INFLUENCE) DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI-NlLAI MARXISME DI SERIKAT BURUH KERAKYATAN, SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Mainstream pemikiran efek komunikasi massa yang percaya pada kekuasaan media massa dalam mempemgaruhi audiens, bergeser ketika seorang sosiologis, Paul Lazarsfeld mempublikasikan hasil pene1itiannya mengenai perilaku memilih masyarnkat (voting study). Lazarsfeld menyimpulkan bahwa; komunikasi interpersonal temyata berperan lebih dominan dalam mempengaruhi audiens dibandingkan komunikasi massa. Besamya pengaruh personal (personal influence) dalam proses penyaringan informasi dan pembentukan sikap, dapat dijelaskan dengan memahami proses pembentukan nilai dalam diri seorang individu. Individu memiliki kecenderungan untuk mengintemalisasi nilai yang dianut oleh kelompok utamanya dimana terjadi interaksi intens antara si individu dengan anggota kelompok lainnya (Primary Group), atau setidaknya kelompok yang menjadi acuan identifikasi dirinya (Reference Group).
Actions (login required)
|
View Item |