PENGARUH TEKNIK ASIDE MIGRATION (RENANG SAMPING)TERHADAP MIKROBIOMETRI, MOTILITAS, DAN PERSENTASE HIDUP SPERMATOZOA SAPI PERAH (Frieslan holstein)

LILIANA YULLY KUSUMA, 069812495 (2003) PENGARUH TEKNIK ASIDE MIGRATION (RENANG SAMPING)TERHADAP MIKROBIOMETRI, MOTILITAS, DAN PERSENTASE HIDUP SPERMATOZOA SAPI PERAH (Frieslan holstein). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 66.03 kus p.pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penentuan jenis kelarnm temak sangat berguna u!1tuk meningkatkan efisiensi dan pemeliharaan temak tcrsebut Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik aSf(ie migration terhadap motHitas, persentase hidup, dan proporsi kromosom seks X dan Y ( mikrobiometri ) spennatozoa dari semen beku sapi perah dalam benluk straw. Penelillan ini melipurJ dUa kelompok yaitu kelompok kontrol dun kelompok perlakuan teknik aside migration menggunakan media roset Pemeriksaan motilitas spermatozoa dilakukan dengan care meneteskan semen beku yang te!ah dicairkan ( thawing) pada gelas obyek kemudian diperiksa di bawah mikroskop dan (hhitung dalam saman persen. Persentase hidup spcnnatozoa dihltung setclah rnembuat preparat was menggunakan zat warua Ho;,in Negm.'ifn, dimana spennatozoa hidup tetap jemih dan spermatozoa mati berwama merah keull/:,n.;aJ) karella menyerap zat warna. Penentuan kromosom seks spennatozoa didasarkan pacta lIkuran mikrobiometri ( panjang x lebar) kepala spennatozoa, dimana spermatozoa yang berukuran lebih besar atau sarna dengan Hna~rata digolongkan berkromosom seks X dan spermatozoa yang berukuran lcbih kedl dan rata~rata digolongkan berkromosom seks y, Rancar'Jgnn penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap kcmudian data hasil peneiitifUl diujl menggunakan Uji T menggunakan SPSS 11.0 for Wrndows. HasH peaelitian didapat perbedaan yang nyata ( p< 0,05 ) pada motililas, proporsi hidup, proporsi kromosom seks X dan Y spennatozoa sapi perah yang sudah dibekukan dalam bentuk straw, Kesimpulan daTi hasil peneUtian ini teknJk aside migration dapat menyebabkan perubahan motilitas. proporsi bidup, dan proporsi kromosom scks schingga didapatkan spermatozoa berkromosom seks Y lebih banyak daripada X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF170-180 Working animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
LILIANA YULLY KUSUMA, 069812495UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjuk Imam Restiadi, M.Si., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 24 Nov 2016 00:02
Last Modified: 18 Jun 2017 19:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46979
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item