ANALISIS VALUE CHAIN SEBAGAI ALAT UNTUK MENCAPAI COST REDUCTION DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. KASOGI INTERNASIONAL Tbk. SURABAYA

NANA LISDIANA, 040027036 (2003) ANALISIS VALUE CHAIN SEBAGAI ALAT UNTUK MENCAPAI COST REDUCTION DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. KASOGI INTERNASIONAL Tbk. SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 234-04 Lis a.pdf

Download (400kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan bisnis yang terjadi saat ini mendorong setiap perusahaan untuk dapat memberikan suatu penciptaan nilai yang lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan lain berdasarkan sumber daya, kapabilitas, dan kompetensi inti yang dimilikinya. Perusahaan yang bergerak dalam bidang sandang pangan memiliki prospek usaha yang cerah. Dimana kebutuhan pokok masyarakat akan sandang pangan selalu mengalarni peningkatan sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk sehingga memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya apabila mampu merebut pangsa pasar dan memenangkan persaingan. Sistem akuntansi manajemen konvensional yang menekankan value added hanya memfokuskan perhatian pada internal perusahaan saja. Analisis ini berarti menghilangkan kesempatan untuk menggali hubungan baik antara perusahaan dengan pemasok dan customernya. Dalam jangka panjang hal ini akan memberikan pengaruh terhadap penurunan kinerja perusahaam dalam menjalankan proses produksinya. Untuk tujuan tersebut, Strategic Cost Manajement memberikan suatu kerangka berpikir dengan menempatkan analisis biaya dalam konteks yang lebih luas, melibatkan elemen-elemen strategik dari suatu aktivitas nilai perusahaan. Analisis value chain merupakan rangkaian aktivitas yang reIevan dalam memahami perilaku biaya dan sumber diferensiasi yang telah dimiliki serta potensial untuk menciptakan keunggulan bersaing perusahaan dengan memfokuskan perhatian pada penciptaan nilai yang Iebih baik bagi pelanggan pada tingkat biaya yang sarna atau Iebih rendah dibandingkan pesaingnya. Analisis value chain ini membagi unit bisnis perusahan menjadi beberapa aktivitas seperti: aktivitas mendesain, memproduksi, memasarkan, mendistribusikan sampai kepada Iayanan puma jualnya. Keterkaitan antara rantai nilai menggambarkan pentingnya keberadaan aktivitas nilai sebagai satu kesatuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada PT. Kasogi InternasionaI Tbk, Surabaya. Pendekatan kualitatif dipilih karena bersifat alamiah dan lebih menekankan pada proses, bukan pada hasil penelitian itu sendiri. Pemilihan metode studi kasus dimaksudkan untuk memudahkan pada bagian penggambaran aktivitas-aktivitas nilai secara nyata dan lebih spesifik. Simpulan yang dapat diarnbil dari penelitian ini adalah bahwa analisis biaya berdasarkan konsep value chain membantu mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam perusahaaan sehingga memudahkan upaya mengkaji dan mengevaluasi kinerja keuangan aktivitas nilainya. Pemaharnan yang menyeluruh terhadap analisis value chain dapat membantu pengambilan keputusan yang tepat, khususnya keputusan stratejik guna mewujudkan pelaksanaan aktivitas nilai perusahaan yang lebih efisien dan selaras dengan kebutuhan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 234-04 Lis a ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: ANALISIS VALUE CHAIN SEBAGAI ALAT UNTUK MENCAPAI COST REDUCTION DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. KASOGI INTERNASIONAL Tbk. SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NANA LISDIANA, 040027036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, Prof. Dr. , SE. Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Nov 2016 16:30
Last Modified: 24 Nov 2016 16:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47001
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item