PREVALENSIINFEKSI CACING SALURAN PENCERNMN PADA ITIK MANILA (Cairina moscbata) DI BEBERAPA PASAR TRADISIONAL DI SURABAYA

Ancas Dwi Hermawan, 069712449 (2003) PREVALENSIINFEKSI CACING SALURAN PENCERNMN PADA ITIK MANILA (Cairina moscbata) DI BEBERAPA PASAR TRADISIONAL DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 72.05 Her p1.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pcnclitlan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui prevalctlsi dan jenis..jems cueing yang menginfeksi saluran penccrnaan pada itik Manila (Cuinna nW\'c!wla) 5c£13 untuk mengetahui pe-ngaruh perbedaan jems kelamin terhadap inf::ksi ";;Jcmg salman pem.:emaan pada jilk Manila di beberapa pasar tradislonai di Surabaya. Penclitan 1m mcnggunakan 100 sampel saluran JJCncernaan itik Manila yang dlflmbjl pada saat pemotongan. Sam pel yang di&,"tmakan mcliputi esota!:,fUs. provcntnkulus, vcntriku!us, mtestinum dan sekurn. Pemeriksaan sampd sccara mikroskopis dilakukan di Laboratorium Helmintolo1:,r1 Fakultas Kedokteran Ih:;\l,/an Universitas Airiangga. Hasil peneJitian yang dtbitung dengan rumus prevalenSJ. menunjukkan bah\\'a prevaJensi cacing saluran pencemaan pada itik Manila di beberapa pasar tradisional di Surabaya sebesar 6%. Jenis caeing yang mengintcksi adalan AU'andia gull! 1%, Rwilielina telragona 1%, Acuaria sfJlf'a/is 1% dan Echmo.\'lOtna sp. 3%.. Pengujian dengan Chi ~'\quure test memberikan hasil bahwa. tida.k ada perbcdaan (P>O,05) antara jcnis kelamin Jantan dan betina terhadap infcks! cacing ~'l!umn penccmaan itik Manila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Ancas Dwi Hermawan, 069712449UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Mumpuni S., M.Kes., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 24 Nov 2016 22:54
Last Modified: 06 Jun 2017 20:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47061
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item