DWI ANDRIYANTO, 070016214
(2005)
EDITORIAL MEDIA INDONESIA DAN TAJUK RENCANA KOMPAS TERHADAP PASANGAN MEGA-HASYIM DAN SBY-JK SEBAGAI PASANGAN CAPRES -CAWAPRES.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Pemiliban Umum (pemilu) merupakan sebuah mekanisme demokrasi yang biasa dilakukan di negara-negara modern untuk melakukan rekruitmen politik ataupun pergantian kekuasaan secara damai. Seperti halnya Pemilu 2004 di negara kita. Pemilu tahun 2004 menggunakan sistem dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Yakni pemilu legislatif dan pemilu Presiden Iangsung. Dalam kurun waktu satu bulan (20 Agustus 2004-20 September 2004) menjelang proses pemungutan suam pemilu presiden putaran kedua hampir semua media secara gencar memberitakan dua calon pasangan presiden dan wapres. Media berperan sebagai agenda setting, membentuk wacana seputar Mega-Hasyim dan SBY-]K Termasuk juga harian nasional Media Indonesia dan Kompas. juga tidak Iuput mengangkat terna pemilu presiden. Kolom tajuk rencana yang merupakan sikap kedua harian ini terbadap peristiwa yang menjadi pusat perhatian (headline) Berdasarkan hal diatas maka rumusan masalah penelitian ini adalah Btlgaimtma Editorial Media Indonesia dan Kompas terhadap pasangan Mega-Hasyim dan SB Y -JK sebagai pasangan capres-clllf1tlpres menjelllng pendlu presUlen putaran kedua, pada kolom Editorial dan Tajuk Rencana?
Actions (login required)
|
View Item |