PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS EVA STUDI KASUS PADA MERGER BANK UPPO DENGAN BANK UMUM ASIA

NURUL ISNANI, 049615406 (2001) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS EVA STUDI KASUS PADA MERGER BANK UPPO DENGAN BANK UMUM ASIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 68-01 ISN P.pdf

Download (883kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan dunia usaha membawa perubahan pasar yang semakin meningkatkkan persaingan. Keadaan ini memaksa perusahaan untuk terus memperkuat posisinya di pasar global, salah satunya dengan jalan melakukan merger seperti halnya yang dilakukan oleh Bank Lippo dengan Bank Umum Asia pacta tahun 1989 yang tergolong sebagai merger horizontal. Pada umumnya merger bertujuan untuk menghasilkan sinergi dan untuk membantu menilai ketepatan keputusan merger dapat dilihat dari perbandingan kinerja perusahaan sebelum dan sesudah merger, karena itu diperlukan suatu alat ukur dan salah satunya adalah Economic Value Added (EVA). EVA dipopulerkan oleh Stern Steward Management Service, salah satu perusahaan konsultan dari Amerika Serikat EVA dihitung dengan jalan mengurangi Net Operating Profit After Tax (NOPA T) dengan Cost of Capital. Kelebihan EVA terletak pada perhatian tentang penciptaan niJai oleh perusahaan dan digunakannya biaya modal dalam perhitungannya. Setelah dilakukan analisis pada tahun 1987-1991, kinerja keuangan Bank Lippo sesudah merger dibandingkan dengan sebelum merger tergolong kurang baik, ini dapat dilihat dan adanya nilai EVA yang negatil: telapi penurunan tersebut pada tahun 1991 memiliki persentase yangsemakin mengecil sehingga ada harapan di tahun-tabun mendatang Bank Lippo dapat meningkatkan kinerjanya dan mencatat nilai EVA positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK. 68-01 Isn p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: KINERJA KEUANGAN; MERGER; ANALISIS EVA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NURUL ISNANI, 049615406UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Iswati, Dra., Hj., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 25 Nov 2016 02:09
Last Modified: 07 Jun 2017 21:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47121
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item