PENGARUH PEMBERIAN CUKA SARI BUAH APEL TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL DAN KOLESTEROL-LDL DARAH NEHelT (Mus musculus) HIPERKOLESTEROLEMIA

HAPSARI BUDI SETYANINGSIH, 069812551 (2003) PENGARUH PEMBERIAN CUKA SARI BUAH APEL TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL DAN KOLESTEROL-LDL DARAH NEHelT (Mus musculus) HIPERKOLESTEROLEMIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 82-04 SET P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian cuka sari buah apel terhadap kadar kolesterol total dan kolesterol-LDL darah mencit hiperkolesterolemia. Mencit (Mus musculus) jantan yang digunakan sejumlah 24 ekor, berumur sekitar 2 bulan dengan berat badan antara 25-30 gram. Rancangan percobaannya adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terbagi menjadi 4 perlakuan dan 6 ulangan. Data dianalisis dengan Analisis Ragam yang dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT 5%). Semua hewan coba selama 5 minggu diberi pakan tinggi lemak hingga tercapai keadaan hiperkolesterolemia. Tahap perlakuan berlangsung selama 4 minggu dimana pada tahap ini dibagi menjadi 4 kelompok. Po merupakan kontrol hiperkolesterolemia yaitu pemberian pakan tinggi lemak dan aquades, sedangkan PI, P2 dan P3 adalah perlakuan pemberian pakan tinggi lemak dan cuka sari buah apel dosis 0,08 ml; 0,12 ml dan 0,16 ml secara runut. Sebelum diberikan, cuka sari buah apel tersebut diencerkan 4 kali, kemudian langsung diberikan ke dalam lambung dua kali sehari, dengan menggunakan sonde yang telah dimodifikasi. Hasil menunjukkan bahwa cuka sari buah apel dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol-LDL darah mencit hiperkolesterolemia (p < 0,01) bila dibandingkan dengan kontrol. Pada uji BNT 5% diketahui bahwa pengaruh terbesar terhadap penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol-LDL adalah perlakuan P3 yang berbeda nyata dengan perlakuan PI dan P2 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
HAPSARI BUDI SETYANINGSIH, 069812551UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLianny Nangoi, M. Kes., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 28 Nov 2016 16:17
Last Modified: 13 Jun 2017 21:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47280
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item