MAHANI KURNIAWATI, 041013285 (2014) KINERJA KEUANGAN RSUD Dr.HARJONO SEBELUMDAN SESUDAH PENERAPAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (STUDI KASUS PADA RSUD Dr.HARJONO KABUPATEN PONOROGO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kurniawati-30212-5.abst-k.pdf Download (58kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Binder22.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
Abstract
Pengelolaan keuangan pemerintahan di Indonesia mengalami reformasi yang dimulai dengan keluarnya paket peraturan perundang-undangan di bidang keuangan negara. Dengan dasar hukum tersebut maka keluarlah Peraturan Pemerintah No.23 tahun 2005 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah No.74 tahun 2012 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU). Peraturan pemerintah tersebut menjelaskan tiga substansi manajemen keuangan negara, yaitu: orientasi pada hasil, profesionalitas, dan akuntabilitas-transparansi. Tiga hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) merupakan instansi pemerintah yang memberikan pelayanan publik dalam hal pembangunan kesehatan masyarakat. Sebagai lembaga yang menjadi pusat perhatian kesehatan kenyataannya masih sering mengalami kesulitan dan hambatan dalam hal pengelolaan keuangan. Pada tahun 2012, RSUD di Kabupaten Ponorogo yang bernama RSUD Dr.Harjono mulai menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Daerah Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD). Penerapan PPK-BLUD di RSUD Dr.Harjono yang tergolong baru maka perlu dilakukan evaluasi dan analisis terhadap kinerja keuangan dan beberapa performa lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik analisis kuantitatif yang digunakan adalah perhitungan rasio-rasio keuangan dan dibantu oleh teknik analisis kualitatif dengan metode komparatif. Setelah dilakukan penelitian maka didapatkan kesimpulan bahwa kinerja keuangan RSUD Dr.Harjono setelah menerapkan pola pengelolaan keuangan BLUD cenderung meningkat dan memberikan dampak positif. Dan diajukan beberapa evaluasi untuk meningkatkan kinerja demi terwujudnya Badan Layanan Umum Daerah yang lebih profesional, akuntabel, transparan, dan berkualitas baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A 42 / 14 Kur k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | FINANCIAL | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mrs siti muzaroh | ||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2014 12:00 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:58 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4755 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |